PGD VII Sekadau Dihadiri Tamu Mancanegara

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1074

PGD VII Sekadau Dihadiri Tamu Mancanegara
PARADE (antarafoto)
SEKADAU, SP – Persiapan Pekan Gawai Dayak (PGD) VII Kabupaten Sekadau, hingga kini terus dimatangkan. Terlebih pelaksanaan even tahun itu tinggal menghitung hari. Rencananya akan digelar pada 25 hingga 30 Juli 2016 mendatang.

Ketua panita, Nico Bohot menuturkan, pihaknya sudah siap menggelar kegiatan yang dipusatkan di kompleks rumah Betang Youth Center, Kota Sekadau.

“Acara dikemas dengan konsep tradisional. PGD sendiri lebih menitikberatkan pesan penguatan adat dan lingkungan, apalagi beberapa tahun terakhir isu kerusakan lingkungan semakin mengkhawatirkan,” ujarnya, Selasa (19/7).

Menurutnya, seluruh paguyuban etnis-etnis yang ada juga ikut berpartisipasi serta menampilkan seni budaya masing-masing. Untuk itu, dia juga meminta panitia berperan aktif sesuai dengan kesepakatan bersama.

Sementara itu, Ketua Harian Dewan Adat Dayak (DAD) setempat, Welbertus Willy mengatakan, PGD akan dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis. Tak hanya itu, tamu mancanegara yang berasal dari Amerika Serikat juga berencana menghadiri gawai tersebut.

“Para tamu mancanegara ini sekaligus untuk melakukan penelitian. Gubernur siap membuka PGD,” ujarnya.
Willy mengajak warga untuk beramai-ramai berkunjung dan berpartisipasi dalam PGD tersebut. Sebab, gawai ini bukan hanya untuk warga Dayak saja, melainkan untuk seluruh warga Sekadau pada umumnya. (akh/and)