Warga Gelar Debat Kandidat Cakades Rawak Hilir, Kabupaten Sekadau

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1406

Warga Gelar Debat Kandidat Cakades Rawak Hilir, Kabupaten Sekadau
Debat kandidat calon kepala desa di Desa Rawak Hilir, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau, Minggu (28/8). (akhmal)
SEKADAU, SP – Ada yang berbeda dalam tahapan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Desa Rawak Hilir, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau. Pasalnya, untuk pertama kalinya, panitia Pilkades setempat menggelar debat kandidat calon kepala desa.

Kegiatan ini, kontan menyedot perhatian warga pemilih di daerah tersebut.
Menurut Ketua Panitia Pilkades, Arpan, ide awal kegiatan ini hanya dari ngobrol-ngobrol biasa bersama panitia dan anggota BPD Rawak Hilir.
 
"Terpikirlah untuk membuat kegiatan debat kandidat calon kades, lalu langsung diadakan kemarin, Minggu (28/8) dengan persiapan yang matang dan alhamdulilah lancar. Bahkan antusias masyarakat sangat luar biasa," ujarnya, Senin (29/8).

Arpan menjelaskan, kegiatan yang diusung bersama Badan Pemerintahan Desa (BPD) dan perangkat desa setempat ini, sekaligus sebagai wadah penyampaian visi misi para cakades.

Bahkan uniknya, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh penampilan grup organ tunggal untuk menghibur para penonton.
"Kegiatan ini dihadiri Muspika serta dibuka camat Sekadau Hulu. Lalu hadir juga tokoh masyarakat, serta ratusan warga Rawak Hilir dan bahkan warga desa lain juga ikut menyaksikan kegiatan ini dari pukul 19.00 sampai  23.00 WIB," ungkapnya.

Debat serta penyampaian visi misi tiga calon yaitu Abdul Azis, Oman Sadikin, dan Japar, beragendakan penyampaian visi misi calon. Kemudian panelis menanyakan kepada calon yakni seputar tata kelola pemerintahan desa, pertanian dan perkebunan. Pendidikan dan kesehatan, pemberdayaan masyarakat, kepemudaan, seni dan budaya.

Keamanan dan Kamtibmas, serta pertanyaan dari BPD Rawak Hilir tentang birokrasi desa. Kegiatan ini, sekaligus bentuk tranpsransi terhadap masyarakat, lalu pembelajaran politik yang baik. "Sehingga warga mendengarkan secara baik dan bisa menentukan pilihan kepada calon yang terbaik menurut mereka," ujarnya.

Dia berharap kegiatan ini bisa diikuti desa lainnya. Dengan menampilkan para calon kepada warga dan memberikan pelajaran serta hiburan. Kegiatan debat ini tidak sepeser pun memakai dana Pilkades.  

"Dana kegiatan ini adalah swadaya masyarakat. Maka dari itu, kami berharap 1.300 pemilih yang ada di Rawak Hilir bisa memilih yang terbaik bagi mereka pada 3 September. Kami harapkan juga bisa berjalan dengan aman dan lancar," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pemilihan Kades ke-2, Desa Nanga Biaban Kecamatan Sekadau, Gabriel Amon  mengatakan persiapan Pilkades di desanya sudah 80 persen.

"Tinggal melengkapi bilik suara dan kotak. Kalau surat, sudah siap semua. Mengenai debat kandidat seperti di Rawak Hilir belum kami lakukan, namun pada 25 Agustus sudah kami adakan dialog calon saja," ujarnya.

Menurutnya, dialog atau debat kandidat penyampaian visi misi tentu membuat masyarakat bisa secara jelas mengenal bukan hanya orangnya saja melainkan program-programnya. "Semua warga tahu, dengan dialog debat atau diskusi mengenai program seorang pemimpin untuk memajukan daerahnya," ungkapnya.

Dia berharap, Pilkades serentak Sekadau pada 3 September ini, bisa berjalan lancar dan aman. “Semoga 1.300 pemilih di Desa Rawak Hilir bisa memilih pemimpin yang berkualitas,” tutupnya. (akh/and/sut)