Peneliti Harap Pemkab Inventarisasi Hasil Riset

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 552

Peneliti Harap Pemkab Inventarisasi Hasil Riset
Ilustrasi
SEKADAU, SP – Mahasiswa meminta Pemkab menginventarisasi hasil penelitian di Sekadau dalam bentuk karya ilmiah seperti skripsi, tesis atau disertasi. Perpustakaan Daerah atau Arsip Daerah (Arda),  dapat menginventarisir karya  yang meneliti Sekadau dari berbagai bidang,

"Baik itu ekonomi, sosial, budaya, hukum, pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lainnya. Ini akan sangat bermanfaat bagi pembaca," kata Gusti Eka Firmanda, Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura Pontianak.

Menurutnya, penelitian yang memilih Sekadau sebagai objek penelitian merupakan karya yang berharga. Pasalnya, hasil karya itu lebih bermutu dan kontekstual untuk dibaca oleh masyarakat Sekadau. 

“Contohnya saya, saat ini sedang meneliti cerita rakyat yang ada di Sekadau yaitu Legenda Siak Bulun. Hasil penelitian saya bisa dijadikan data untuk penelitian berikutnya. Hal yang lebih penting adalah menyelamatkan pengetahuan yang tadinya hanya bersumber dari cerita lisan,” ungkapnya. 

Secara pribadi, dia siap menyerahkan hasil penelitiannya untuk diinventarisasi oleh Pemkab Sekadau melalui dinas atau badan terkait. 

Sementara Tokoh Pemuda Sekadau, Amrin Zuraidi Rawansyahe mendukung inventarisasi karya ilmiah.  “Pemerintah daerah sebagai eksekutif harus kreatif dalam pengarsipan penelitian,” katanya. (akh/bah)