Bappeda: Kalau Diakomodir Semuanya Butuh Rp 4 Triliun

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 353

Bappeda: Kalau Diakomodir Semuanya Butuh Rp 4 Triliun
Ilustrasi. (Dok.SP)
SEKADAU, SP- Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sekadau Mohammad Isa menyebutkan terdapat ribuan usulan program yang muncul pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah (Musrenbang) di Kabupaten Sekadau, angkanya  mencapai Rp 4 triliun.

"Jika diakomodir semuanya, besaran dana yang dibutuhkan mencapai tiga hingga empat triliun rupiah," kata Isa.


Isa mengungkapkan pengajuan yang paling banyak adalah infrastruktur dasar jalan dan jembatan, kesehatan, pendidikan, air bersih, pertanian, dan lainnya.

Menurutnya, dalam pelaksanaannya dilakukan secara bertahap oleh pemerintah daerah. Semua akan dilihat dari segi prioritas yang sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati selama lima tahun ke depan.

"Memang banyak hal yang perlu diperhatikan, memang banyak infrastruktur dasar dalam ajuan, artinya pembangunan fisik yang paling dominan di berbagai bidang," ungkapnya.

Mantan Kadis Kehutanan dan Perkebunan itu mengatakan, dengan jumlah mencapai triliunan rupiah, ajuan tersebut tentu tidak akan bisa diselesaikan dalam satu periode kepengurusan.

"Bahkan bisa tiga periode untuk merealisasikannya, dan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) tentu harus sinkron dan sesuai," jelasnya.

Di sisi lain lanjut Isa,  pendapatan asli daerah (PAD) hanya mengalami kenaikan sekitar enam persen saja setiap tahunnya.
"Untuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU), itu tergantung prioritas nasional atau tidak prioritas. Kalau daerah kita masuk karena terbilang strategis untuk dibangun yang menjadi prioritas nasional maka akan nambah dananya," pungkasnya. (akh)