Sekadau Dapat Jatah Dua Ribu Bidang Tanah

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1307

Sekadau Dapat Jatah Dua Ribu Bidang Tanah
Sertifikat
SEKADAU, SP – Seribu bidang tanah di Desa Tintin Boyok, Kecamatan Sekadau Hulu, Kabupaten Sekadau akan diterbitkan sertifikat dalam Program Nasional Agraria (Prona) 2017. Sekadau mendapat jatah dua ribu bidang tanah untuk diterbitkan sertifikat.

“Desa Tintik Boyok menjadi sasaran Prona tahun 2017 karena sebagian besar tanah banyak belum bersertifikat. Nanti akan menggunakan sistem Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Artinya, pendaftaran sertifikat tidak lagi secara sporadis atau parsial,” ujar Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Sekadau, Syahrannur kepada Suara Pemred.

Dia menuturkan sesuai Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN RI Nomor 35 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan PTSL  bahwa namanya masih Prona, namun sistemnya berbeda yaitu PTSL.
“Jadi satu desa itu diusahakan lahan warga harus bersertifikat semua. Ini komitmen pemerintah," ungkapnya.

Kemudian seribu bidang lagi, kata Syahrannur, akan dilakukan pertimbangan dan analisa terkait desa mana yang memenuhi syarat untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

"Kami sedang kejar target untuk melakukan eksekusi lapangan. Minggu depan kami akan undang para kepala desa untuk diberikan sosialisasi massal tentang hal ini," katanya.

Mengenai tim, pihaknya telah membentuk Satgas Yuridis dan Teknis dari BPN Sekadau yang dikoordinatori oleh Kepala Seksi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah (HTPT) setempat.

"Kami sudah membuat Satgas Yuridis dan Teknis BPN Sekadau untuk mengurus tentang ini  karena Februari nanti Presiden akan datang ke Sintang untuk launching sistem ini. Dan Kabupaten Sekadau masuk dalam pilihan untuk berpartisipasi mengikuti acara tersebut secara simbolis," pungkasnya.

Sementara
, anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Yodi Setiawan mengatakan, Prona harus bisa dirasakan oleh masyarakat di setiap desa.

"Kalau untuk Kabupaten Sekadau ini kan ada tujuh kecamatan, tiga daerah pemilihan (dapil)  dewan. Jadi bisa atas dasar itu membagikan program tersebut ke masyarakat," jelasnya. (akh/bah)

Baca Juga:
Diduga Terlibat Narkoba, Tiga Oknum Anggota Polres Kapuas Hulu Masih Diperiksa
Lampu Navigasi Padam, Kapal Nelayan Sukabangun Tenggelam
Pelantikan Pejabat Eselon II dan III Diundur