Kantor Masih Numpang, Kades Tapang Semadak Khawatir

Sekadau

Editor sutan Dibaca : 1066

Kantor Masih Numpang, Kades Tapang Semadak Khawatir
Ilustrasi (SP/Ist)
SEKADAU, SP - Kepala Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Theresia Yusmini mengatakan hingga kini belum punya kantor milik desa. Desa hanya memiliki bangunannya, sedangkan tanah merupakan hak milik pribadi warga

“Yang ada saat ini masih pinjam pakai, yakni Balai Dusun dengan ukuran 8x12 meter dan luas tanah kurang lebih 15x20 meter yang merupakan hak milik pribadi, warga setempat,” kata Kepala Desa Tapang Semadak, Theresia Yusmini.

Theresia khawatir bila pemilik tanah ingin mengambil tanah tersebut,  tentunya kantor desa harus pindah.  “Kapan saja pemilik tanah bisa mengambil haknya. Kalau keadaan mendesak, kami tidak tahu harus pindah kemana lagi? Untuk itu, kami berharap kondisi tersebut bisa mendapat perhatian,” ucapnya.

Dia mengungkapkan pihak desa sudah memiliki tanah kurang lebih 0,8 hektar dan tanah tersebut sudah memiliki SKT.

Ketua DPRD Kabupaten Sekadau Albertus Pinus mengatakan, banyak desa yang belum memiliki kantor desa. Hal itu, karena APBD yang terbatas dan pembangunan juga harus melihat skala prioritasnya.

“Yang jelas, bagi desa yang belum memiliki kantor desa diharapkan mengajukan proposal ditujukan kepada Bupati, tembusan ke Pemdes dan DPRD agar dapat dibahas,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sekadau Bayu Dwi Harsono mengatakan, pembangunan kantor desa tentunya disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah.  

"Tahun ini,  akan dibangun tujuh  kantor desa,” ujarnya singkat. (akh)

Baca Juga:
Sulit Temukan Lahan Kosong di Pontianak, Kuburan Disulap Jadi Taman Kota
DPRD Sanggau Serukan Rutin Tes Urine