Kapolda Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 389

Kapolda Minta Masyarakat Bijak Gunakan Medsos
Ilustrasi
SEKADAU, SP – Antisipasi menjaga keamanaan jelang pemilihan Gubernur Kalbar tahun 2018 terus dilakukan pihak kepolisian. Salah satu upaya untuk menciptakan kondisi tersebut adalah dengan bijak dalam menggunakan media sosial. Hal tersebut disampaikan Kapolda Kalbar, Irjen Pol Erwin Triwanto saat berkunjung Mapolres Sekadau, Kamis (14/9). Kapolda juga meminta masyarakat Sekadau bijaksana jika menemukan postingan provokasi di media sosial.

“Untuk antisipasi ini kami juga sudah membentuk tim cyber untuk mengidentifikasi informasi-informasi yang bisa memicu instabilitas,” ujar Erwin. Ia mengatakan, dalam mengelola media tentunya harus bijak dan profesional. Sehingga informasi yang disampaikan ke masyarakat bertujuan untuk mencerdaskan, bukan lantas menyesatkan.

“Sebagai contoh beberapa waktu lalu di Pontianak. Di media sosial ada yang mengupload sesuatu yang jauh berbeda dengan kenyataan dengan tujuan ingin menciptakan situasi yang tidak kondusif,” kata dia.
Sementara itu, Kapolres Sekadau, AKBP Yury Nurhidayat meminta masyarakat tidak terprovokasi dengan informasi yang belum jelas kebenarannya. Yury mengungkapkan, tahun 2016 lalu pihaknya telah menangani kasus tentang tindak pidana IT.

“Ini menjadi pembelajaran agar masyarakat menggunakan media sosial dengan bijak dan cerdas. Jangan menelan mentah-mentah informasi yang belum jelas kebenarannya,” kata dia.

Ia mengajak masyarakat untuk bersama-sama menciptakan Sekadau yang aman dan tertib melalui peran serta semua pihak.
“Kemajuan informasi dan teknologi harus dimanfaatkan untuk hal-hal yang baik, bukan sebaliknya. Bukan untuk menyebarkan berita hoax atau ujaran kebencian yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa,” pungkasnya. (akh/jee)