Satlantas Polres Sekadau Keluarkan 1.000 SIM Sementara

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 363

Satlantas Polres Sekadau Keluarkan 1.000 SIM Sementara
Ilustrasi
SEKADAU, SP – Satuan Lalu Lintas Polres Sekadau mengeluarkan 1.000 Surat Izin Mengemudi (SIM) sementara kepada kepada pemohon baru pembuatan SIM. Langkah ini diambil karena kosongnya ketersediaan blanko SIM di Satlantas Polres Sekadau.

 Kasat Lantas Polres Sekadau, Iptu Tri Teguh Mulyono menuturkan, dari Juli hingga September 2017 jumlah pemohon SIM baru di Sekadau mencapai 1.043 orang dan sekitar 488 pemohon perpanjangan SIM.


 “Sejak Juli, blanko SIM kosong. Hingga saat ini belum ada pendistribusiannya, jadi sementara pemohon diberikan SIM sementara berbentuk kertas,” ujarnya, Jumat (29/9).

Teguh meyakinkan, meskipun berbentuk secarik kertas, namun SIM sementara yang dikeluarkan sah layaknya SIM pada umumnya.
  “Meski saat ini hanya berupa kertas biasa, masyarakat tidak perlu ragu sebab SIM pengganti tersebut sah dan bisa dipergunakan sesuai petunjuk Korlantas Mabes Polri,” tegasnya.

  Ia juga mengatakan pihaknya belum mendapatkan kepastian kapan blanko SIM akan disalurkan.
“Untuk blanko belum tahu kapan, tunggu dari pusat. Kalau sudah ada langsung didistribusikan, bila nanti sudah cetak akan diberitahukan kepada pemohon,” ucapnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Yodi Setiawan meminta Satuan Lalu Lintas Polres Sekadau untuk mensosialisasikan mengenai SIM sementara yang dikeluarkan kepada masyarakat agar mereka tidak khawatir.

“Memang ini bukan hanya di Sekadau saja. Kendati begitu, SIM sementara yang fungsinya sama hingga menunggu tersedianya blanko SIM itu,” tutur Politisi Fraksi Gerindra itu.

Untuk itu, ia berharap kelangkaan blanko SIM segera teratasi sehingga kondisinya tak berkepanjangan. Apalagi, hal itu menyangkut masyarakat banyak selaku pemohon.

“Apalagi sudah sekitar 1.000 SIM sementara yang dikeluarkan, berarti banyak pemohon SIM di Sekadau. Ini menunjukan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi,” pungkasnya. (akh/jee)