Pemkab Beri Vaksin HPR di Tiga Desa

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 282

Pemkab Beri Vaksin HPR di Tiga Desa
Vaksin- Petugas saat memvaksinasi Hewan Penyebar Rabies (HPR) di Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman, Sabtu (21/10).
 SEKADAU, SP – Pemerintah Kabupaten Sekadau bersama Polri dan TNI melakukan vaksinasi rabies ke Hewan Penular Rabies (HPR) di Desa Meragun, Kecamatan Nanga Taman, Sabtu (21/10).

Camat Nanga Taman, Paulus Ugang menuturkan, kesadaran masyarakat desa untuk mau hewan peliharaan divaksin sekarang ini meningkat dibanding sebelumnya. Hal ini menurut dia tidak terlepas dari penyuluhan yang sebelumnya dilakukan Pemkab Sekadau ke masyarakat akan bahaya penyakit rabies.


 “Sekarang perbandinganya 10 dari delapan warga di Nanga Taman sudah paham tentang pentingnya vaksin HPR,” ujarnya.

Pemberian vaksin HPR hari itu dilakukan di Dusun Ladak, Meragun dan Sangke. Sebanyak 100 hewan peliharaan warga divaksin.
 

 “Mereka berbondong-bondong membawa anjing peliharaannya untuk divaksin, ada yang digendong dan macam-macam lah. Kalau sebelumnya kan masih banyak yang menolak,” ujar Ugang.
Menurut Ugang, di Kecamatan Nanga Taman tercatat telah terjadi tujuh kasus rabies, dan sebagian besar kasus tersebut terjadi di Desa Meragun.

“Paling banyak anak-anak yang kena gigitan. Tapi semuanya sudah ditangani dan sudah diberikan Vaksin Anti Rabies (VAR) oleh pihak Puskesmas,” kata dia.

Sebelumnya, Kepala Bidang Peternakan, Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Mardiani mengatakan vaksin HPR berasal dari pengadaan Pemkab Sekadau dan bantuan Pemprov Kalbar.


 Saat ini hampir seluruh wilayah kecamatan di Sekadau sudah diberikan vaksin HPR untuk mencegah meluasnya penyebaran rabies.
“Hampir semua kecamatan sudah divaksinasi HPR,” kata dia.

Pemberian vaksin HPR untuk mencegah penyakit rabies di Sekadau harus terus dilakukan, namun yang tak kalah penting adalah memberikan pemahaman kepada warga akan bahata rabies.
 

“Harus gencar lakukan vaksinasi HPR. Sehingga rabies bisa dicegah dan tidak ada yang meninggal,” ujar Anggota DPRD Sekadau, Abun Tono.


 Apalagi, kata dia, belum lama ini di wilayah tersebut terjadi kasus rabies yang menyebaban korban jiwa. Untuk itu, ia meminta dinas terkait mengambil langkah antisipasi penyebaran rabies.

“Dengan begitu tidak terjadi korban jiwa dikemudian hari,” pungkasnya. (akh/jee)