LPTQ Diminta Optimalkan Program Kerja

Sekadau

Editor Kiwi Dibaca : 354

LPTQ Diminta Optimalkan Program Kerja
Raker – Kepala Kemenag Sekadau, Darrohman saat membuka Reker LPTQ Sekadau di Mess Pemda, Sekadau, Senin (20/11). Dalam kesempatan itu ia berpesan agar LPTQ Sekadau berbenah
SEKADAU, SP – Kepala Kantor Kementerian Agama Sekadau, Darrohman mengapresiasi penyelenggaraan rapat kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Sekadau. Menurutnya kehadiran LPTQ berperan strategis dalam melaksanakan pendidikan agama di masyarakat.

“Masyarakat sekarang semakin dinamis dan kritis melihat persoalan. LPTQ harus berbenah, mengevaluasi dan mengoptimalkan program kerja dan kegiatannya,” ujar Darrohman saat pembukaan Rakerda LPTQ di Mess Pemda, Sekadau, Senin (20/11).


Ia berharap, pengurus LPTQ juga meningkatkan kinerja, mengerti dan memahami serta memiliki pengetahuan tentang Alquran. Sehingga mampu melahirkan masyarakat muslim yang tidak hanya mahir melantunkan ayat suci, melainkan mampu menerapkan dan mengamalkan nilai-nilai Alquran dalam kehidupan sehari-hari.

“Dengan Rakerda ini diharapkan LPTQ memperkuat peran dan fungsinya sebagai lembaga yang memberdayakan seluruh pengurus dalam menyiarkan pendidikan Alquran di tengah masyarakat,” harapnya.

Selain itu, ia juga berharap Rakerda LPTQ menjadi sarana menyusun rencana, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi terhadap kegiatan yang telah, sedang dan akan dilaksanakan. Mengingat, Sekadau akan menggelar MTQ ke-5 di Belitang pada 2018 dan MTQ ke-27 tingkat Provinsi Kalbar di Mempawah.

“Prestasi yang belum maksimal tentu menjadi perhatian semua pihak. Melakukan regerasi dan pembenahan, pembinaan berbagai cabang Tilawatil Quran terutama melalui LPTQ baik tingkat kabupaten maupun kecamatan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua LPTQ Kabupaten Sekadau, Nurhadi mengatakan, Rakerda dimaksudkan untuk penguatan advokasi, program dan untuk menghadapi MTQ tingkat kabupaten di Kecamatan Belitang tahun 2018 mendatang.

“Momen ini harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Kami juga perlu masukan semua pihak, dalam penguatan program,” katanya.

Selain itu, kata dia, Rakerda tersebut juga dilakukan untuk melihat potensi-potensi yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan.
“Sehingga pembinaan bisa dilakukan,” pungkasnya. (akh/jee)

Komentar