Masa PPL-KKM IKIP PGRI Pontianak Berakhir

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 265

Masa PPL-KKM IKIP PGRI Pontianak Berakhir
PERPISAHAN – Sebanyak 53 Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak menjalani acara perpisahan yang digelar pemerintah daerah di Aula Kantor Bupati Sekadau, kemarin. (SP/Akhmal)

Mahasiswa Diharap Mampu Kembangkan SDM Lokal


Sebanyak 53 mahasiswa Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) PGRI Pontianak telah selesai melaksanakan PPL-KKM di Sekadau. Para mahasiswa semester VI yang memang berasal dari Kabupaten Sekadau itu ditempatkan di sejumlah kecamatan yang ada di Bumi Lawang Kuari.

SP - Koordinator PPL-KKM IKIP PGRI, Sulaiman menuturkan, kegiatan KKM juga didukung oleh pihak kecamatan. Para mahasiswa, membuat plang jalan dan membuat lapangan di sekolah serta kegiatan sosial lainnya. 

“Para mahasiswa di sebar di Kecamtaan Sekadau Hulu, Sekadau Hilir, Belitang Hulu, Belotang Hilir dan Nanga Taman. Kegiatan tersebut dimulai 23 Juli 2017 hingga 18 Januari 2018 diikuti sebanyak 53 mahasiswa semester VI asal Sekadau,” ujar Sulaiman, kemarin.

Sulaiman mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan yang juga kerjasama IKIP PGRI dan Pemerintah Kabupaten Sekadau. Hal itu sebagai upaya dalam mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Sekadau.

“Sekadau merupakan daerah potensial yang selalu mengedepankan pendidikan dalam memperbaiki sumber daya manusia. Sebagai mitra, kami selalu membuat program membantu pengembangan itu,” ucapnya. 

Sementara itu, Rektor IKIP PGRI, Prof Samion AR mengapresiasi kerjasama selama ini melalui kegiatan PPL-KKM. Saat ini IKIP PGRI Pontianak memiliki 11 prodi dengan 130 dosen lulusan S2 dan S3. 

“Kami terus bertekad memberikan sumbangsih dalam dunia pendidikan, terutama di Kabupaten Sekadau. Sekadau salah satu kabupaten yang telah bekerjasama selama puluhan tahun,” kata dia. 

Pihaknya berharap, ke depan dapat memberikan yang terbaik bagi Kabupaten Sekadau. Membimbing mahasiswa asal Sekadau sehingga menjadi guru yang profesional.

“Terimakasih atas dukungannya. Kami menarik mahasiswa PPL-KKM IKIP PGRI Pontianak di Kabupaten Sekadau,” tuturnya. 

Di tempat yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria Umar mengapresiasi IKIP PGRI Pontianak. Dimana, para mahasiswanya telah melaksanakan PPL-KKM di sejumlah kecamatan selama beberapa bulan belakangan ini. 

“Harapannya nantinya mereka bisa kembali ke kampung halaman dapat membuka lapangan pekerjaan,” harapnya. 

Ia pun percaya, dalam melasanakan kuliah kerja mahasiswa dan praktik pengalaman lapangan banyak manfaat yang diperoleh. Dikatakan dia, apa yang dibangku kuliah tidak didapatkan dan KKM-PPL akan menambah imu yang didapat di bangku kuliah.

“Maka akan lengkap teori dan praktiknya. Teori dan praktik akan saling melengkapi,” pungkasnya. (akhmal setiadi musran/ang)

Komentar