SMPN 1 Sekadau Hilir Kembali Direhab

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 254

SMPN 1 Sekadau Hilir Kembali Direhab
SAPU HALAMAN – Siswi SMPN 1 Sekadau Hilir menyapu halaman bangunan sekolah dua lantai yang baru selesai dikerjakan, kemarin. Tahun ini sekolah tersebut kembali mendapat bantuan pembangunan gedung tiga lantai. (Ist)

Bantun Pemerintah Pusat untuk Sekolah Berprestasi


Tahun 2018, SMPN 1 Sekadau Hilir, Kabupaten Saekadau, mendapatkan bantuan pembangunan renovasi total dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI Dirjen Pengembangan SMP.

SP - Albinus, Kepala SMPN 1 Sekadau Hilir, tahun 2017 lalu sekolah yang dipimpinnya sudah mendapatkan bantuan pembangunan untuk penambahan ruang kelas. Tahun 2018 ini kembali bantuan rehab total bangunan lama menjadi tiga lantai.

“Tahun 2017 lalu kita mendapatkan bantuan untuk penambahan ruang kelas dua lantai, dasar pemerintah pusat membangun sekolah kita itu karena sesuai penilaian adalah prestasi sekolah, prestasi siswa, jumlah guru, dan jumlah siswa,” kata Albinus, kemarin. 

“Kita juga bukan mengajukan proposal ke pusat, tetapi pusat yang menilai dari data Dapodik," timpalnya.

SMPN 1 Sekadau Hilir berdiri tahun 1957. Kondisinya saat ini masih sangat kuat dan kokoh, walaupun sudah beberapa kali rehap bagian dinding, pentilasi, lantai, dan jendela. 

"Hanya saja pondasi kayunya masih asli hingga saat ini ukuran 63 meter per segi, Dan akan dibangun tiga lantai serta renovasi total dibangunan lama dari pihak kementerian," kata dia.

Penilaian yang dilakukan, kata Albinus, pihak kementerian pendidikan dan kebudayaan meninjau melalui Direktorat Pengembangan SMP. "Mereka telah melihat  mengukur dan desain.”

Secara data, jumlah guru ada 53 orang. Dengan pembagian 33 PNS dan 20 honor. Sementara jumlah siswa 936 orang.

“Semoga dengan adanya bantuan dari pusat ini bisa terus meningkatkan kulitas siswa agar lebih berprestasi," pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Empani mengatakan, bantuan ini sangat diapresiasi oleh pemerintah daerah, karena akan berdampak kepada kemajuan pendidikan di Sekadau.

"Jika dibangun oleh APBD tentu sangat terbatas. Kita mendukung dengan adanya pembangunan itu semoga pendidikan di Sekadau lebih maju dan kami juga berkomitmen tentang hal itu," ujarnya.

Anggota DPRD Sekadau Abuntono mengatakan, sekolah-sekolah SD, SMP, dan SMA di Kabupaten Sekadau harus bisa terinspirasi dengan adanya bantuan pembangunan di SMPN 1 Sekadau Hilir.

"Ini menjadi catatan bagi sekolah-sekolah lain di sekadau agar meningkatkan prestasi siswa dan kualitas guru,” ucapnya.

Maka itu, Dinas Pendidikan harus melakukan pembinaan khusus bagi sekolah yang berpotensi mendapatkan bantuan pembangunan dari pemerintah pusat. 

Dia tidak menargetkan semua sekolah tetapi dinas harus menginventarisir sekolah tersebut dan digenjot untuk peningkatannya sesuai dengan poin penilaiannya. (akhmal setiadi musran/ang)