Mahasiswa FKIP Untan PPM di Sekadau

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 301

Mahasiswa FKIP Untan PPM di Sekadau
PENGARAHAN - Wakil Bupati Sekadau Aloysius menyambut dan menyampaikan pengarahan kepada 92 mahasiswa matematika FKIP Untan dalam rangka kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Kantor Bupati, Kamis (35/1). (Ist)

Aloysius: Semiga Dunia Pendidikan Lebih Baik


Sebanyak 92 mahasiswa yang berasal dari Himpunan Mahasiswa Matematika (Himmat) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura Pontianak menggelar Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) di Sekadau. Kegiatan PPM tersebut merupakan bagian dari pengenalan kampus dan mahasiswanya terjun langsung kemasyarakat.

SP - Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengapresiasi Himmat FKIP Untan yang akan melaksanakan pengabdian pada masyarakat di Sekadau. Meski waktu PPM itu tidak lama untuk berbagi kepada masyarakat khususnya yang berada di Desa Rawak Hilir, Kecamatan Sekadau Hulu, namun diharap program itu berjalan lancar dan mencapai tujuan yang diharapkan..

“Dengan adanya kegiatan tersebut anak bisa percaya diri dalam pendidikan dan lain sebagainya. Terutama jurusan matematika,” kata Aloysius saat menerima mahasiswa di Ruang Serbaguna Kantor Bupati, Kamis (25/1).

Selama ini, Matematika, Fisika, Kimia dan IPA dinilai cukup sulit. Dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat itu bisa memberikan pemahaman kepada anak-anak. Ia berharap, dengan adanya kegiatan tersebut dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan di Sekadau.  

“Sehingga pelajaran tersebut bisa diterima oleh anak-anak. Sebagai calon pendidik, mereka diharapkan cepat berinteraksi dengan murid di sekolah-sekolah,” ucapnya.

Ketua Umum Himmat FKIP Untan Pontianak, Fahrul Huda mengatakan, kegiatan PPM dilaksanakan 24 hingga 31 Januari mendatang. Sasaran dari kegiatan tersebut adalah masyarakat secara langsung.

“Kami dari fakultas membawa visi misi pendidikan. Adapun tujuannya mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang ketiga yaitu pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia mengatakan, pihaknya ingin mensosialisasikan kepada masyarakat tentang matematika. Menurutnya, matematika bukan hal yang susah sebab matematika bisa menjadi hal yang mudah.

“Realisasinya program ada workshop, lomba matematika Sekadau dan lain sebagainya,” kata dia.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Prodi Matematika, Rustam mengatakan, setiap tahunnya memang rutin dilaksanakan. Kegiatan tersebut, merupakan kegiatan lanjutan yang juga bagian dari pengenalan kampus.

“Kan tidak selamannya di kampus. Saat ini mereka ke lapangan, nanti kembali lagi ke kampus ,” tuturnya.

Sebanyak 92 mahasiswa yang akan melaksanakan PPM ditugaskan untuk mencari permasalahan tentang matematika di masyarakat.

“Dari permasalahan itu nanti dikaji secara akademis, dicarikan solusinya. Kalau tidak turun ke lapangan tidak tahu apa permasalahannya, karena setiap daerah permasalahannya berbeda-beda,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sekadau, Zakaria Umar dan perwakilan Polres Sekadau dan Dinas Pendidikan. (akhmal setiadi musran/ang)