Pembangunan Gereja Agung Sekadau

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 4976

Pembangunan Gereja Agung Sekadau
PELETAKAN BATU - Sejumlah pejabat di Pemerintahan Kabupaten Sekadau menyaksikan peletakan batu pertama pembangunan Gereja Agung di Jalan Merdeka Barat, Sekadau, kemarin. (SP/Akhmal)

Rupinus Harap Seluruh Warga Turut Mendukung 


Gereja Agung Sekadau bakal dibangun di Jalan Merdeka Barat, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir. Pembangunan gereja berkapasitas sekitar 2000 umat ini nantinya ditargetkan rampung satu setengah tahun ke depan atau pertengahan tahun 2019.

SP - Ketua Panitia Pembangunan Gereja Agung, Paulus Lion mengatakan, Gereja Agung dibangun di atas tanah seluas lebih dari 10.000 meter persegi. Adapun, Gereja Agung itu nantinya dapat menampung sebanyaj 2000 jemaah.

“Kami sampaikan apresiasi kepada Pemkab Sekadau yang telah mendukung pembangunan Gereja Agung,” kata Paulus, saat menggelat peletakan batu pertama pembangunan gereja, kemarin.

“Kami juga mengimbau kepada Umat Katolik untuk mendukung pembangunan gereja hingga selesai sesuai porsinya masing-masing,” timpalnya.

Ia mengatakan, untuk target pembangunan gereja itu selama 1,5 tahun. “Paling molornya dua tahun lah,” ucap Lion yang juga Ketua FKUB Kabupaten Sekadau itu.

Tokoh masyarakat Kabupaten Sekadau, Simon Petrus mengatakan, sebagai kabupaten baru tentunya masyarakat mendukung pembangunan rumah ibadah yang ada di Kabupaten Sekadau. Bupati periode 2005-2010 dan 2010-2015 itu mengimbau masyarakat untuk bersama-sama mendukung pembangunan rumah ibadah, baik itu gereja, masjid dan lainnya.

“Bersama-sama membangun daerah dan hidup harmonis serta saling mendukung,” katanya singkat.

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan, Pemkab Sekadau berkomitmen mendukung pembinaan terhadap umat beragama di Kabupaten Sekadau, salah satunya pembangunan rumah ibadah. Saat ini, pembangunan Masjid Agung yang berada di Jalan Merdeka Timur, juga sedang berlangsung.

“Kami mengapresiasi Umat Santo Petrus dan Paulus, gerejanya sudah diberkati dan peletakan batu pertama pembangunanya sudah dilakukan,” ujarnya.

Sesuai kemampuan anggaran yang ada, Pemkab siap membantu pembangunan rumah ibadah yang ada di Kabupaten Sekadau. Khusus untuk pembangunan Gereja Agung, Rupinus meminta partisipasi Umat Katolik untuk kelanjutan pembangunan gereja tersebut.

“Termasuk agama-agama lain, dapat berpartisipasi untuk mendukung pembangunan rumah ibadahnya masing-masing. Tentunya berkomitmen pembangunannya hingga jadi, termasuk Masjid Agung dan lain sebagainya,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Uskup Keuskupan Sanggau, Pastor Paroki Santo Petrus dan Paulus, Wakil Bupati Sekadau, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Kapolres Sekadau, kepala SKPD di lingkungan Pemkab Sekadau. Selain itu, hadir Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak Kabupaten Sekadau serta tokoh masyarakat Kabupaten Sekadau dan Kapolsek, Danramil serta Kepala Desa Sungai Ringin. (akhmal setiadi musran/ang)