Rupinus Resmikan Sembilan Kantor SKPD Sekadau

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 127

Rupinus Resmikan Sembilan Kantor SKPD Sekadau
KUNJUNGAN – Bupati Sekadau Rupinus saat mengunjungi salah satu proyek pembangunan di Bumi Lawang Kuari, belum lama ini. (Net)
SEKADAU, SP – Sembilan unit kantor dan rumah dinas (Rumdin) Sekda serta kantin di lingkungan Pemkab Sekadau diresmikan, Senin (29/1). 

Sekretaris Daerah Sekadau, Zakaria Umar menuturkan, adapun sembilan kantor, rumah dinas hingga kantin yang selesai dibangun diantaranya: kantor BPKAD dibangun 2016 dan digunakan awal Januari 2018. Kantor BKDSDM pembangunan pembangunanya dimulai 2016 dan dioperasikan sejak 2017.

Kantor BPBD dibangun mulai 2015 ditempati per Januari 2018. Kantor Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dibangun mulai 2016 difungsikan sejak Januari 2017.

Kantor Dinas Perhubungan dibangun pada 2015 dan mulai ditempati pada Maret 2016. Kemudian, Kantor Satpol PP dialokasikan pada tahun anggaran 2014, penggunaannya sejak Januari 2015.

Rumah Dinas Sekda mulai dibangun 2016 dan saat ini sudah digunakan. Bangunan kantin dibangun pada 2015 mulai dimanfaatkan pada 2017 serta ruang rapat komisi DPRD Kabupaten Sekadau yang dianggarkan pada tahun 2015 dan 2016, difungsikan sejak Januari 2018.

Hingga saat ini Pemkab Sekadau dapat membangun 21 unit kantor baru yang ditempati 21 SKPD. Selain itu, satu unit gedung Kantor Terpadu yang ditempati empat SKPD.

“Empat SKPD itu Badan Pengelola Retribusi dan Pajak Daerah, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Disdukcapil dan Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan,” ucapnya.

Ia mengatakan, ada empat SKPD yang belum memiliki kantor baru dan masih bergabung di gedung Kantor Bupati Sekadau. Sedangkan, empat SKPD masih menempati kantor lama, yaitu Kecamatan Nanga Taman, Nanga Mahap, Belitang Hilir dan Belitang.

“Diharapkan dengan adanya gedung baru ini akan semakin menambah semangat untuk lebih meningkatkan kinerja,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus meminta agar gedung tersebut dirawat dan dimanfaatkan dengan baik. Untuk meningkatkan pelayanan publik maka dibutuhkan dukungan sarana dan prasarana yang memadai seperti gedung kantor yang representatif.

“Dengan gedung baru ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat dapat lebih ditingkatkan dan dapat memberi kemudahan, ketepatan dan kecepatan dalam pelayanan,” ujarnya.

Rupinus mengatakan, bagi kantor yang masih bergabung nantinya secara bertahap akan dibangun. Sehingga 33 SKPD bisa memiliki kantor yang representatif.

“Ada empat SKPD yang belum memiliki kantor sendiri dan saat ini masih berbagabung, yaitu Diskominfo, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kearsipan dan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik,” pungkasnya. (akh/ang)