Manfaatkan Pekarangan untuk Menanam Sayur

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 170

Manfaatkan Pekarangan untuk Menanam Sayur
TINJAU - Ketua PKK Kabupaten Sekadau Kristina Rupinus, bersama sejumlah pengurus dan perangkat Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, meninjau dan memberikan pemahaman ke Kampung KB binaan. (SP/Akhmal)

Masyarakat Seladan Jadi Kampung Hatinya PKK


Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau mengapresiasi masyarakat Seladan, Dusun Pangkin, Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir. Lantaran masyarakat setempat kini sudah memanfaatkan pekarangan rumahnya untuk menanam berbagai macam sayuran.

SP - Hal itu dikatakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus, saat meninjau Kampung KB binaan.

“Kunjungan ini juga untuk memberikan motivasi kepada masyarakat, ada peninjauan dan penilaian. Kemudian ada pengobatan gratis bagi masyarakat,” kata Kristina, Senin (5/2). 

Ketika masuk ke kampung, sudah nampak tanaman yang berada di pekarangan rumah warga. Kesadaran warga tersebut sangat diapresiasi oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau. 

“Ini luar biasa. Kegiatan yang dilaksanakan itu untuk menjadikan Seladan, Dusun Pangkin sebagai kampung percontohan untuk kampung hatinya PKK,” ucapnya. 

Untuk itu, ia berharap kegiatan tersebut terus berlanjut. Apalagi, dengan pemanfaatan pekarangan dapat mendatangkan nilai ekonomi bagi masyarakat setempat. 

“Kegiatan ini jangan hanya sampai di sini. Harus berlanjut, karena ada nilai ekonominya bagi masyarakat, tidak perlu lagi jauh-jauh membeli sayur, bisa tukar antar dasa wisma. Hasil tanamannya juga bisa dijual,” tuturnya. 

Hal senada juga diungkapkan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Vixtima Heri Supriyanti Aloysius. Ia mengatakan, sudah ada perbedaan yang terlihat di Seladan, Dusun Pangkin yang merupakan kampung hatinya PKK. 

“Kami merasakan Wonosobo sudah pindah ke Kabupaten Sekadau,” ungkapnya. 

Untuk diketahui, kampung hatinya PKK di Seladan Dusun Pangkin merupakan hasil studi banding yang dilakukan Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau ke Wonosobo beberapa waktu lalu. Hasilnya, kemudian diterapkan di Sekadau sehingga terwujudnya kampung hatinya PKK di Seladan, Dusun Pangkin. 

“Awalnya belum tertata rapi. Kini setiap rumah-rumah warga di pekaranganya ada beraneka ragam tanaman,” kata dia. 

Pihaknya, akan selalu mempromosikan kampung hatinya PKK di Seladan, Dusun Pangkin. Sehingga, masyarakat bisa membeli sayuran segar secara langsung. 

“Memang ada beberapa masukan dan bisa menjadi perbaikan ke depan. Kami sangat mengapresiasi masyarakat yang telah memanfaatkan pekarangannya,” bebernya. 

Camat Sekadau Hilir, Safii Yanto juga mengapresiasi Tim Penggerak PKK yang telah memotivasi dasa wisma yang ada di kampung hatinya PKK. Ia berharap, kegiatan tersebut tidak hanya sampai di situ saja. 

“Mudah-mudahan semakin memacu masyarakat. Sehingga, kedepannya terus berkembang. Apalagi ada nilai ekonominya bagi masyarakat setempat,” katanya singkat. (akhmal setiadi musran/ang)