Sungai Ringin Wujudkan Transparansi Penggunaan Dana Desa

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 232

Sungai Ringin Wujudkan Transparansi Penggunaan Dana Desa
TINJAU - Pemerintah Desa Sungai Ringin melakukan kegiatan peninjauan pembangunan tahun 2017 lalu bersama sejumlah pihak terkait pengawasan penggunaan dana desa, kemarin. (SP/Akhmal)
SEKADAU, SP – Pemerintahan Desa Sungai Ringin, Sekadau Hilir, menggelar peninjauan kegiatan pembangunan di tahun 2017 lalu, kemarin. Kegiatan itu mengikutsertakan pihak kecamatan, Pendamping Desa, BPD, Bhabinkamtibmas, Babinsa dan tokoh masyarakat.

Mereka meninjau sejumlah pembangunan, seperti Pos Kamling di tujuh dusun, pembukan badan jalan Dusun Sungai Putat ke Dusun Kapuas, pembangunan Gedung Posyandu di tiga dusun, jembatan desa, Jalan rabat beton desa, dan penataan lingkungan di kantor desa. 

Kepala Desa Sungai Ringin Abdul Hamid mengatakan, pihaknya memang sudah merencanakan peninjauan tersebut dengan melibatkan pelbagai unsur terkait. Abdul ingin memastikan penggunaan dana desa secara transparan.

“Karena kita sudah selesai melakukan pembangunan di bulan Desember 2017 lalu. Dan ini kita lakukan sesuai aturan," kata Abdul.

Kasi Adminitrasi Pemerintahan Desa (APD) Kecamatan Sekadau Hilir Gusti Firdaus mengatakan, pihaknya dalam rangka melakukan pembinaan kepada desa sangat mengapresiasi kinerja Pemerintahan Desa Sungai Ringin. 

"Dan sesuai peninjauan dari beberapa tim, pembangunan terlihat selesai seratus persen,” tuturnya.

Ia meminta, untuk desa-desa lain bisa menyiapkan rencana melakukan kegiatan peninjuan yang melibatkan beberapa kalangan. Agar transparansi dan masyarakat memahami apa yang sudah dilakukan oleh desa. 

Bhabinkamtibmas Desa Sungai Ringin Brigadir Anggre JL mengatakan, pihak berterimakasih kepada Pemdes Sungai Ringin atas pelaksanaan peninjauan ini. Sesuai MuU Kapolri, Kementerian Desa, dan Kementerian Dalam Negeri bersama-sama melakukan pengawasan pengelolaan dana desa. Kepolisian telah berkoordinasi dengan desa terkait penerapan konsep pengawasan tersebut.

“Dan peninjauan ini merupakan langkah dari MuU itu, bahwa pengecekan terhadap pembangunan yang telah dilakukan desa ," ujarnya. (akh/ang)