Tiga SMP di Sekadau Bakal Gelar UNBK

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 207

Tiga SMP di Sekadau Bakal Gelar UNBK
Ilustrasi. Net
SEKADAU, SP – Sebanyak tiga sekolah menengah pertama (SMP) di Sekadau akan menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Namun lantaran masih kurangnya sarana dan pra sarana, ketiganya akan menumpang di SMA dan SMK yang menggelar UNBK.

Kasi Pendidikan Dasar dan Menengah, Dinas Pendidikan Sekadau, Supriyoso menuturkan, ketiga sekolah yang akan melaksanakan UNBK, yaitu MTs Negeri, SMP Negeri 1 Sekadau Hilir dan SMP Santo Gabriel. Sementara sekolah lain masih menggunakan metode ujian nasional kertas dan pensil (UNKP).

“Kami dari Dinas Pendidikan mendukung kegiatan yang dilaksanakan UNBK maupun UNKP,” kata Supriyoso, Rabu (28/2).

Sampai sejauh ini belum ada masalah yang dihadapi untuk UNKP. Sedangkan, UNBK masih terkendala sarana dan pra sarana sekolah yang belum mendukung.

“MTs Negeri harus bergabung atau menumpang di SMK Amaliyah, SMP Negeri 1 Sekadau Hilir juga di SMK Amaliyah dan SMP Santo Gabriel di SMA Karya Sekadau,” ucapnya.

Berbagai kesiapan dilakukan untuk menghadapi UNBK mulai dari simulasi dan lain sebagainya. Pihaknya berharap, ke depan semakin banyak sekolah yang melaksanakan UNBK.

“Target dari pusat tahun ini SMA 100 persen melaksanakan UNBK. SMP 70 persen, jadi ini merupakan penilaian dari pusat untuk Kabupaten Sekadau. Sementara, dari target 70 persen baru tiga sekolah saja yang melaksanakan UNBK,” jelasnya.

Pihaknya akan terus memacu dan mengarahkan sekolah-sekolah yang belum memiliki server atau alat yang belum lengkap menumpang di SMA atau SMK yang sudah ada. Pihaknya juga sudah menawarkan beberapa SMP untuk melaksanakan UNBK.

“Kemarin sudah kami tawarkan SMPN 3 Sekadau Hilir numpang di SMAN 1 Sekadau, SMPN 10 Sekadau Hilir ke SMKN 1 Sekadau. Namun, dari sekolahnya belum ada kesiapan,” ungkapnya. (akh/ang)