Tiga Desa Wakili Kabupaten Sekadau, Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kes Tingkat Provinsi

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 85

Tiga Desa Wakili Kabupaten Sekadau, Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK KB Kes Tingkat Provinsi
SAMBUTAN - Kepala Dinas Kesehatan memberikan sambutan dalam acara persiapan KB Kes Tingkat provinsi di gedung PKK Sekadau, Jalan Merdeka Timur, Kota Sekadau, Kamis (3/5). (SP/Akhmal)
Tiga desa dari tiga Kecamatan di Kabupaten Sekadau, ditunjuk untuk mewakili Kabupaten Sekadau dalam lomba PKK KB Kesehatan tahun 2018 tingkat Provinsi Kalimantan Barat. Penunjukan itu, setelah dilakukan penilaian dan pembinaan oleh Satuan Gerakan PKK KB Kesehatan Kabupaten Sekadau di aula Sekretariat PKK Kabupaten Sekadau, Jalan Merdeka Timur, Kota Sekadau, Kamis (3/5). 

SP - Bupati Sekadau, Rupinus menuturkan, penilaian kesatuan gerak PKK KB Kesehatan menjadi momen untuk menunjukan bahwa anggota dan pengurus PKK dengan segala kegiatannya semakin solid dan dinamis. Selain itu, memberikan manfaat yang optimal kepada masyarakat.

“Dengan wujud kegiatan yang nyata dan bermanfaat bagi masyarakat. Ini salah satu upaya membuktikan PKK benar-benar merupakan pemberdayaan keluarga,” ujarnya.

Rupinus mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan kualitas keluarga dan masyarakat Kabupaten Sekadau. Tentunya, hal itu dilakukan dengan keterpaduan kebijakan dan pelaksanaan program diberbagai bidang.

“Dengan program yang terintegrasi dan sinergi diharapkan upaya-upaya tersebut semakin meningkatkan capaian kesejahteraan masyarakat,” ucapnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau, Kristina Rupinus mengatakan, penilaian lomba kesatuan gerak PKK KB Kesehatan merupakan penilaian prestasi atas pelaksanaan program-program dan kegiatan yang telah dilakukan sebelumnya.
"Ada tiga desa yang diikutsertakan mewakili Kabupaten Sekadau dalam penilaian pelaksanaan terbaik kesatuan gerak PKK KB Kesehatan tingkat provinsi," katanya.

Adapun tiga desa tersebut, yaitu PKK KB Kesehatan di Desa Mungguk, Kecamatan Sekadau Hilir, PHBS di Desa Nanga Taman, Kecamatan Nanga Taman dan lingkungan bersih dan sehat (LBS) di Desa Tembesuk, Kecamatan Nanga Mahap.

“Ini merupakan cerminan adanya kesungguhan Tim Penggerak PKK mulai dari pusat hingga daerah untuk membantu mewujudkan keluarga sejahtera dan memperkuat peran kelompok dasawisma dalam pemberdayaan masyarakat,” jelasnya.

Kristina menyadari masih banyak hal yang perlu dilakukan. Untuk itu, ia juga berharap, tim penilai provinsi dapat memberikan masukan, pembinaan dan bimbingan dalam penilaian.

“Sehingga kedepan semakin baik lagi. Mudah-mudahan dalam pelaksanaan lomba ini dapat meningkatkan kinerja kader serta kelompok PKK yang ada di Kabupaten Sekadau,” harapnya. (akhmal setiadi)