Terminal Lawang Kuari Lengang, Kondisi Arus Balik Idulfitri 1439 Hijriah di Sekadau

Sekadau

Editor kurniawan bernhard Dibaca : 160

Terminal Lawang Kuari Lengang, Kondisi Arus Balik Idulfitri 1439 Hijriah di Sekadau
LENGANG - Terminal Lawang Kuari, Sekadau tampak lengang Selasa (19/6). Arus balik sejak dari H+1 lebaran di Sekadau masih terpantau normal dan lancar. (SP/Akhmal)
Pada H+4 Idulfitri 1439 Hijriah, kondisi Terminal Lawang Kuari dari pagi hingga menjelang siang tampak lengang, tak seramai hari-hari sebelumnya. 

SP - Sejumlah penumpang  tampak sedang menunggu angkutan yang akan mengangkut mereka di halte Terminal Lawang Kuari, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (19/6).

Kendati demikian Dinas Perhubungan Sekadau terus memantau arus balik sejak dari H+1 lebaran  dan sejak itu pula, kondisi arus balik di Sekadau khususnya di Terminal Lawang Kuari masih terpantau normal dan lancar.

“Setidaknya ada 16 bus yang milir dan balik dengan jumlah penumpang sebanyak 161 orang, pada Minggu (17/6). Kemudian sebanyak 12 bus yang milir dan balik dengan jumlah penumpang sebanyak 167 orang, pada Senin (18/6),” ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sekadau, Abang Yasin.

Ia mempredikasi puncak arus balik terjadi pada hari ini (Kemarin, red). Pihaknya, kata dia, juga menyiagakan angkutan bila penumpang membludak. Pemerintah daerah telah menyiapkan bus sekolah yang digunakan untuk mengangkut penumpang bila ada yang tidak terangkut. 

"Untuk penumpang terangkut semua,” ucapnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sekadau, IPTU Tri Teguh Mulyono mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam berkendara. Selain itu, ia berharap para supir angkutan, pengendara maupun penumpang agar mematuhi dan taat dengan aturan berlalu lintas.

“Kalau lelah sebaiknya beristirahat jangan dipaksakan. Selalu menjaga keselamatan saat berkendara yang terpenting menjaga kesehatan,” imbaunya.

Selain itu, ia juga meminta supir kendaraan umum dan pemilik perusahaan ikut mematuhi peratusan lalu lintas. Apalagi, pada hari besar seperti lebaran lonjakan penumpang akan terjadi.

“Kami tidak melarang supir atau perusahaan bus mencari penumpang. Tapi jangan membawa penumpang diluar kapasitas kendaraan. Jika terjadi kecelakaan tentu akan merugikan,” kata dia.

Pihaknya, kata dia, telah menyiapkan tiga pos diantaranya, satu pos pelayanan berada di Pos Lantas, dua pos pengamanan di Peniti dan Simpang Empat Kayu Lapis, Kecamatan Sekadau Hilir. Teguh mengimbau pemudik, terutama yang menggunakan sepeda motor agar tidak membawa barang yang berlebihan.

“Jangan berboncengan tiga. Ini untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya. (akh/jek)