Perusahaan Sawit Perbaiki Jalan Kayu Lapis

Sekadau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 138

Perusahaan Sawit Perbaiki Jalan Kayu Lapis
Sekadau, SP - Pemerintah Kabupaten Sekadau memberikan apresiasi kepada perusahaan sawit PT Agro Andalan yang membangun Jala Kayu Lapis, Desa Setawar sejauh 12 kilometer.

“Kami mengapresiasi PT Agro Andalan atas peran dan kepeduliannya memperbaikan dan melebarkan Jalan Kayu Lapis. Sehingga akses transportasi dapat digunakan masyarakat sekitar,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kabupaten Sekadau, Sandae, Rabu (24/10).

Sandae juga melakukan mengecek pembangunan Jalan Kayu Lapis Km 8-20, dan dilanjutkan dengan melihat perkembangan pembangunan pabrik kelapa sawit (PKS) PT Agro Andalan di Desa Setawar.

Jalan Kayu Lapis adalah jalan bekas jalur mobilisasi perusahaan kayu yang sudah lama terbengkalai. Keberadaan PT Agro Andalan memiliki peran strategis membantu pemerintah daerah meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Diperkirakan beroperasi tahun 2019, PT Agro Andalan memiliki kapasitas produksi 30 ton tandan buah segar (TBS) kelapa sawit per jam. Kapasitas produksi dapat ditingkatkan sampai 60 ton per jam.

Ketua Adat Desa Setawar, Bengki mengatakan masyarakat mendukung beroperasinya PT Agro Andalan. Selain menyerap tenaga kerja, perusahaan juga membantu petani kelapa sawit menjual hasil produksi.

“Kami berharap pabrik kelapa sawit dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar area perkebunan. Sesuai dengan janji perusahaan untuk bekerja sama dengan para petani lokal,” ujar Bengki.

PT Agro Andalan juga memberikan beasiswa kepada sejumlah siswa SMK di Sekadau untuk belajar di Institut Pertanian (Instiper) Yogyakarta yang nantinya akan dipekerjakan di perusahaan. (akh)