Hari Guru Nasional, Moment Siapkan Generasi Cerdas Berakhlak Mulia

Sekadau

Editor Angga Haksoro Dibaca : 108

Hari Guru Nasional, Moment Siapkan Generasi Cerdas Berakhlak Mulia
Sekadau, SP – Peringatan HUT PGRI ke-73 dan Hari Guru Nasional digelar di Kecamatan Nanga Mahap, Kamis (1/11). Upacara peringatan dipimpin Wakil Bupati Sekadau, Aloysius.  

Tema peringatan Hari Guru kali ini, yaitu mewujudkan guru sebagai penggerak perubahan menuju Indonesia cerdas, berkarakter dalam revolusi industri 4.0 atau generasi keempat.  

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius menuturkan, revolusi industri 4.0 secara umum diketahui sebagai perubahan cara kerja yang menitikberatkan pada pengelolaan data, sistem kerja industri melalui kemajuan teknologi, dan peningkatan efisiensi kerja.  

“Kerana itu, sangat dibutuhkan kesiapan guru yang bermutu dan berkualitas. Tenaga kependidikan tidak hanya memiliki kemampuan kognitif, tetapi juga harus mampu memahami dan menguasai teknologi digital,” kata Aloysius dalam amanatnya.  

Aloysius mengatakan, para guru hendaknya meningkatkan kompetensi diri seiring perkembangan teknologi. Tak hanya guru, kurikulum pendidikan pun diharapkan bisa mengakomodir perkembangan teknologi.  

“Dalam kaitan dengan pendidikan karakter, PP Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter mengamanatkan bahwa guru sebagai sosok utama dalam satuan pendidikan,” ucapnya.  

Selain itu, para guru dan tenaga pendidik diharapkan mampu mengelola kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, masyarakat untuk mengobarkan gerakan revolusi mental.  

“Peserta didik saat ini adalah calon generasi emas Indonesia tahun 2045. Mereka harus memiliki bekal jiwa pancasila yang baik untuk menghadapi dinamika perubahan sangat cepat dan tidak terduga,” kata Aloysius.  

Hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Sekadau Rupinus, Ketua PGRI Provinsi Kalbar, pengurus PGRI Kabupaten Sekadau, Anggota DPRD Kabupaten Sekadau, Kejaksaan Negeri Sekadau serta Forum Komunikasi Pimpinan Kota Nanga Mahap. (akh)