Rabu, 23 Oktober 2019


Beri Imbauan, Polisi Sambangi Lahan Waga

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 132
Beri Imbauan, Polisi Sambangi Lahan Waga

SAMBANGI - Ipda Triono mendatangi langsung ke lahan warga dan memberikan imbauan agar tidak melakukan pembakaran lahan.

Berbagai cara terus dilakukan Polsek Belitang Hulu dalam upaya mencegah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Salah satunya dengan mendatangi lahan warga dan memberikan sosialisasi. 

Kegiatan ini langsung dipimpin langsung oleh Kapolsek Ipda Triyono, personel Polsek Belitang Hulu melaksanakan patroli wilayah dan melakukan pengecekan lahan milik warga, Rabu (21/8).

Kapolsek menyampaikan, bahwa pelaksanaan patroli ini juga dimanfaatkan untuk mengimbau kepada warga agar tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan.

"Selain dilakukan pengecekan ke beberapa lokasi lahan milik warga, kami juga melakukan pencegahan karhutla dengan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar," ujar Kapolsek.

Dijelaskan Kapolsek, bahwa imbauan ini sesuai dengan maklumat Kapolda Kalbar tentang kewajiban, larangan serta sanksi pembakaran hutan dan lahan.

"Diimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar. Mari kita taati dan indahkan Maklumat Kapolda Kalbar tentang Kewajiban, Larangan dan sanksi bagi pembakar hutan dan lahan," imbau Kapolsek.

Akibat dari pembakaran tersebut menimbulkan kabut asap yang dapat mengganggu kesehatan dan aktivitas masyarakat.

"Apapun bentuknya membuka lahan dengan cara dibakar itu tidak dibenarkan, karena dari asap yang ditimbulkan sangat merugikan masyarakat bahkan mengganggu kesehatan," jelas Kapolsek.

Kapolsek berharap dukungan dari seluruh elemen masyarakat di Kecamatan Belitang Hulu dalam pencegahan karhutla, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dengan tidak membuka lahan dengan cara dibakar serta dapat mentaati Maklumat Kapolda Kalbar tentang larangan, sanksi dan kewajiban pembakar lahan.

"Mohon dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat Belitang Hulu sehingga tidak terjadi asap yang ditimbulkan oleh karhutla. Mari kita wujudkan Kabupaten Sekadau menjadi daerah yang bebas asap sehingga segala aktivitas masyarakat tidak terganggu oleh asap," harap Kapolsek. (akh)