Rabu, 23 Oktober 2019


Camat Diminta Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 140
Camat Diminta Cegah Penyalahgunaan Narkoba

RAKOR - Bupati Sekadau saat memberikan materi dalam kegiatan Rapat Koordinasi Evaluasi Urusan Pemerintahan Umum di Gedung Kateketik Sekadau, Senin (26/8) kemarin.

SEKADAU, SP – Pemkab Sekadau menggelar rapat koordinasi dan evaluasi penyelenggaraan urusan pemerintahan umum di Gedung Kateketik Sekadau, Senin (26/8) kemarin. Kegiatan ini mengusung tema penguatan peran camat dalam menyelenggarakan tugas urusan pemerintahan umum dan kewaspadaan dini terhadap bahaya narkoba di Kabupaten Sekadau.

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan, rapat koordinasi tersebut diikuti oleh Camat, Kapolsek, Danramil dan Kepala Desa se Kabupaten Sekadau. Pada rakor tersebut, salah satu materi yang disampaikan yaitu mengenai pencegahan dan pemberantasan narkoba.

Ia mengatakan, bersamaan dengan penguatan peran camat dalam menyelenggarakan tugas urusan pemerintahan umum, juga dihadapkan dengan situasi bahaya narkoba yang merongrong generasi muda penerus bangsa.

“Dalam peraturan perundang-undangan tugas camat mengkoordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat serta mengkoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman dan ketertiban umum merupakan urusan pemerintahan umum yang menjadi dasar menjalankan fungsi pencegahan dan pemberantasan narkoba di Kecamatan,” ujar Rupinus.

Ia juga meminta para camat, kepala desa dan aparatur di Kecamatan agar benar-benar melaksanakan upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba. Secara khusus, Rupinus mewanti-wanti agar aparatur pemerintahan jangan sampai terlibat penyalahgunaan narkoba, baik pemakai maupun sebagai pengedar.

“Apabila ada terbukti terkait ASN tidak ada ampun, meski diproses. Kami meminta semua pihak terlibat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba,” ucapnya.

Rupinus berharap, rakor tersebut para camat dan perangkat kecamatan serta kepala desa lebih meningkatkan kinerja dalam menyelenggarakan urusan pemerintahan umum. Selain itu, ia juga berharap penguatan peran camat dalam menyelenggaraan urusan pemerintahan umum, pencegahan dan pemberantasan narkoba di masyarakat dapa dimaksimalkan.

“Dengan demikian diharapkan tujuan nasional dalam pemberantasan narkoba dapat tercapai,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Kalbar, Kepala BNN Provinsi Kalbar, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Dandim 1204/Sanggau, Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Sekadau, SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau, Camat, Kepala Desa, Kapolsek dan Danramil se Kabupaten Sekadau. (akh)