Rabu, 23 Oktober 2019


Pemdes Sungai Ringin Pasang Patok Batas

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 93
Pemdes Sungai Ringin Pasang Patok Batas

PATOK BATAS - Pemdes Sungai Ringin bersama Tim tapal batas desa, saat memasang patok batas RT, dusun dan desa.

Pemerintah Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, melaksanakan program pemasangan patok batas RT, dusun dan desa, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini dilakukan agar adanya kejelasan status wilayah di desa tersebut.

Ketua Tim yang juga Kasi Pemerintahan diKantor Desa Sungai Ringin Damianus Zonfri Hience mengatakan, program ini diperuntukan agar adanya kejelasan status wilayah di Desa Sungai Ringin.

"Jadi ini agar ada kejelasan status wilayah di RT, dusun dan batas dengan desa tetangga. Jadi seluruh ketua RT dan Kadus di Desa Sungai Ringin menjadi tau dimana saja yang merupakan titik batas wilayah mereka," ujar Ketua Tim yang juga Kasi Pemerintahan di Kantor Desa Sungai Ringin, Damianus Zonfri Hience, Senin (2/9).

Tentu, kata dia, nantinya kejelasan patok batas ini juga akan berpengaruh pada berbagai hak terutama dalam pengurusan adminitrasi oleh warga. 

"Seperti contoh kejelasan kepada masyarakat dalam rangka mengurus administrasi kependudukan, kepemilikan tanah, dan pengurusan lainnya," lanjutnya.

Ia mengatakan jumlah patok batas tersebut dibuat sebanyak 2.500 patok,dan patok ini dipasang di seluruh titik batas RT, dusun dan desa. 

"Pelaksanaan pemasangan patok batas ini kami lakukan dengan melibatkan beberapa pihak diantaranya Ketua RT, Ketua RW, Kepala Dusun, Bhabinkamtibmas dan Babinsa Desa Sungai Ringin. Waktu pelaksanaan kegiatan ini dilakukan pada gari Sabtu dan Minggu secara bergiliran di setiap dusun," ungkapnya. 

Dari pemasangan patok batas dengan diberikan titik koordinat ini menurutnya, akan terlihat peta wilayah yang diberikan patok.

"Program ini juga kita siapkan sebagai bank data kita bahwa peta yang dibuat inilah yang harus dipakai oleh instansi manapun. Kami berharap kepada seluruh warga Desa Sungai Ringin untuk mendukung program ini agar terlaksana dengan sukses," pungkasnya. 

Kepala Dusun Pasar Hilir Nopy Has menyambut baik pelaksanaan patok wilayah oleh pihak desa Sungai Ringin. Tentu pihaknya juga ikut mendapingi dalam pemasangan patok di wilayahnya tersebut. 

"Kita selaku kepada wilayah di Dusun pada dasarnya mendukung kegiatan ini dan mendampingi hingga sukses," tuturnya.
Ia mengatakan untuk masyarakat di dusunnya cukup beragam terlebih lokasinya berada di pusat desa. 

"Dari sisi jumlah, RT yang ada di dusun saya ada empat RT dan satu RW, dan kondisi di wilayah dusun kami juga lumayan beraga. Marena terletak di pusat kota sekadau banyak toko-toko, pasar sayur, pasar ikan dan perumahan warga," paparnya.
 
Tentu nanti hasil dari pemasangan patok ini diakuinya akan sangat bermanfaat oleh pihak dusun.

"Dari hasil penetapan titik patok dan titik koordinat ini tentu menjadi dasar kami untuk menjaga teritorial dusun dan tentu akan disosialisasikan kepada masyarakat dusun," tuturnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Desa Sungai Ringin Brigadir Subhan Khan mengatakan akan selalu mendampingi proses pemasangan patok batas tersebut 

"Kita dalam hal ini sesuai kapasitas tentu terus mendampingi selama proses berlangsung. Pendampingan juga dari sisi sosial, karena ketika proses pemasangan patok batas tersebut terjadi komplain dari masyarakat, jadi harus kita dampingi hingga selesai," katanya 

Ia berharap program ini bisa berjalan dengan baik dan sukses sesuai harapan bersama. (akh)