Rabu, 23 Oktober 2019


Pemdes Sebetung Gelar Musrenbang Desa

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 127
Pemdes Sebetung Gelar Musrenbang Desa

MUSRENBANG DESA - Pemdes Sebetung Kecamatan Belitang Hulu gelar Musrenbangdes dalam membuat RKPDes tahun 2020 di Aula Kantor Desa Sebetung.

Pemerintahan Desa Sebetung, Kecamatan Belitang Hulu, Kabupaten Sekadau, menggelar Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang Desa untuk untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) Tahun 2020.

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKP) tahun anggaran yang direncanakan. Musrenbang Desa dilaksanakan setiap bulan Januari dengan mengacu pada RPJM desa. Setiap desa diamanatkan untuk menyusun dokumen rencana 5 tahunan yaitu RPJM Desa dan dokumen rencana tahunan yaitu RKP Desa.

Kegiatan ini digelar di Gedung Pertemuan Desa Sebetung dan dihadiri Kepala Seksi Pemerintahan, para pemangku kepentingan (stakeholder) desa, Binmas, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan elemen masyarakat Desa Sebetung, Rabu (4/9).

"Diadakannya Musrenbang desa ini adalah sebagai wadah untuk menampung berbagai aspirasi dan usulan dalam rencana pembangunan Desa Sebetung. Musrenbang ini juga membahas usulan pembangunan yang diajukan dan akan dipilih berdasarkan skala prioritas, sehingga manfaatnya dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat," terang Kasi Pemerintahan, Hen saat membuka Musrenbang.

Kanit Binmas Polsek Belitang Hulu, Aipda Alamsah mengatakan, setiap kegiatan yang dilaksanakan di desa,  anggota Polri khususnya Bhabinkamtibmas harus mengawalnya sehingga dapat memonitor perkembangan di desa dan dapat memimalisir munculnya permasalahan.

Dia juga mengimbau agar semua elemen masyarakat dapat membantu mengawasi penyaluran Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Sebetung. Menurutnya, peran aktif masyarakat sangat penting untuk turut mengawasi pembangunan yang bersumber dari ADD agar nantinya tepat sasaran dan terhindar dari penyimpangan.

"Dibutuhkan kerjasama oleh semua elemen masyarakat Desa Sebetung untuk penyaluran Dana Desa agar berjalan lancar dan efisien serta manfaat pembangunannya dapat dirasakan oleh masyarakat. Dengan Musrenbang ini diharapkan dapat memajukan Desa Sebetung baik di bidang pembangunan ekonomi serta infrastruktur," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan imbauan Kamtibmas mengenai tahapan pelaksanaan Pilkades 2019. Dia mengharapkan dukungan dan kerjasama dari seluruh masyarakat Desa Sebetung selama proses tahapan Pilkades 2019. (akh)