Rabu, 23 Oktober 2019


Kesbangpol Sekadau Silaturahmi Bersama Ormas

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 61
Kesbangpol Sekadau Silaturahmi Bersama Ormas

SILATURAHMI - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan silatutahmi untuk Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Beragama (FKUB) Sekadau di aula Kantor Bupati Sekadau, Kamis (12/9).

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sekadau menggelar kegiatan Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Beragama (FKUB) Sekadau di aula Kantor Bupati Sekadau, Kamis (12/9). 

Ketua Panitia Pelaksana yang sekaligus Kepala Badan Kesbangpol Sekadau, Zad Manggung mengatakan kegiatan ini untuk membangun dan menjalin kemitraan dan hubungan yang harmonis antara pemerintah daerah FKUB dalam menyamakan dan menciptakan kesepakatan bersama untuk memperkuat toleransi beragama. 

"Kegiatan ini juga sebagai upaya memperkuat komitmen pemerintah daerah dalam penanganan persoalan keagamaan dan pemerbadayaan FKUB," ujarnya.

Selain itu menurutnya pula kegiatan ini juga untuk menampung apresiasi organisasi keagamaan aspirasi masyarakat. Serta menurutnya untuk mendorong FKUB di daerah agar lebih mengoptimalkan perannya dalam memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. 

"Karena itu pada kegiatan ini kami mengundang tokoh agama baik yang tergabung di kepengurusan FKUB maupun yang belum tergabung. Jumlah peserta yang ikut serta kurang lebih ada 25 orang," katanya.

Ia berharap kegiatan ini memberikan banyak manfaat bagi peserta dan dapat di implementasikan di masyarakat. 
"Kami harap peserta memahami benar yang disampaikan oleh Naga sumber nantinya sehingga bisa di implementasikan  di masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sekadau, Rupinus menyambut baik kegiatan Peningkatan Toleransi dan Kerukunan dalam Beragama (FKUB) Sekadau. Ia mengtakan perbedaan yang ada di Indonesia dan Sekadau khusunya tidak dapat lagi disangkal. 

"Perbedaan ini tidak bisa disangkal kita ini berbeda-beda, ini ada agar kita saling mengenal. Kebergamana ini, baik suku bangsa dan agama harus kita syukur dan kelola sebaiknya menjadi kekuatan," ujar Bupati.

Bupati mengatakan keberagaman ini seharusnya menjadikan masyarakat lebih rukun karena akan menciptakan sesuatu hal yang baik.

"Keberagaman itu indah, seperti taman bunga misalnya, menjadi indah karena beragam bunga yang ada di taman tersebut. Seharusnya demikian pula, di masyarakat keberagaman seharusnya membawa hal yang baik dan daya tarik tersendiri," tuturnya. 

Ia mengatakan melalui kegiatan ini tentu tidak hanya berhenti di kegiatan saja namun harus diimplementasikan di masyarakat. 

"Tentu saja tidak hanya sampai di sini tetapi disampaikan ke masyarakat, pak pendeta punya umat, pak ustad punya umat dan organisasi pemuda ada anggota. Ini bisa di sampiakan ke umat dan anggotanya sehingga bisa mencapai tujuan dari kegiatan ini," katanya 

Bupati juga mengajak masyarakat agar menjaga kerukunan, dan tidak terpancing daerah lain. Karena menurutnya kerukunan di Kabupaten Sekadau sudah terjaga baik berkat kerjasama semua pihak. 

"Kami juga berterimakasih kepada semua pihak yang yelah menjaga kerukunan di Sekadau ini. Damai itu mahal, jangan sampai damai itu tercabik-cabik, karena merugikan dan memerlukan biaya yang mahal karena itu mari kita jaga bersama dan kita sampaikan  ke anak cucu kita," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah daerah kabupaten sekadau selalu berupaya mengakomodir semua agama yang ada di Kabupaten Sekadau. Karena bupati mengaku sangat menghargai umat yang taat menjalankan perintah agamanya. 

"Jika taat beragam maka dalam pekerjaan juga baik. Semua agama kita akomodir, satu diantaranya hari minggu kita diundang meresmikan Vihara di Sungai Ayak," pungkasnya. (akh)