Rabu, 29 Januari 2020


KPU Sekadau Optimis Partisipasi Masyarakat Capai 85 Persen

Editor:

elgiants

    |     Pembaca: 98
KPU Sekadau Optimis Partisipasi Masyarakat Capai 85 Persen

SOSIALISASI - KPU Kabupaten Sekadau menggelar Sosialisasi Pemilihan Tahun 2020 bersama unsur media. Hal itu dalam upaya penyampaian transparansi KPU dalam setiap tahapan dan perkembangan Pemilu kepada masyarakat.

SEKADAU, SP - Berkaca pada tingkat partisipasi masyarakat pada Pemilu 2019 lalu yang mencapai 85 persen, KPU Sekadau optimis pada Pilkada Serentak 2020 mendatang, tingkat partisipasi masyarakat akan meningkat lebih dari 85 persen.

Ketua KPU Sekadau, Drianus Saban mengatakan, saat ini pihaknya telah memulai tahapan Pilkada Serentak 2020, diantaranya sosialisasi di tingkat internal.

"Juga komunikasi intensif dengan Kesbangpol, Dukcapil, Kominfo, TNI-Polri, termasuk juga media massa," kata Saban saat tatap muka bersama seluruh pekerja media di Aula KPU Sekadau, Senin (25/11).

Untuk sosialisasi ke luar, KPU Sekadau mulai dengan menyediakan stand pameran pada gelaran MTQ tingkat Kabupaten Sekadau di Nanga Mahap yang baru saja berakhir.

"Kami masih menunggu hasil revisi PKPU untuk langkah selanjutnya," tutur Saban

Ia juga mengatakan, KPU Sekadau akan menggelar launching Pemilu pada awal Januari 2020 mendatang. Hari pemungutan suara Pilkada Serentak 2020 sendiri akan berlangsung pada 23 September 2020.

"Januari-Februari akan mulai membentuk badan penyelenggara seperti PPK dan PPS. Sedangkan KPPS akan dibentuk satu bulan sebelum pungut hitung," jelas Saban.

Komisioner KPU Sekadau Divisi Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Gita Rantau menambahkan, saat ini KPU juga tengah mengadakan sayembara pembuatan maskot Pilkada 2020.

"Sayembara maskot berlangsung sampai tanggal 27 November 2019. Nanti akan kita lakukan uji publik untuk desainnya dengan mengundang berbagai elemen masyarakat," kata Gita.

Untuk Pilkada 2020, KPU Sekadau menargetkan tingkat partisipasi pemilu dapat melebihi Pemilu 2019.

"Pada pemilu 2019 KPU pusat menargetkan minimal 77,7 persen partisipasi pemilih. Di Kabupaten Sekadau kita mampu mencapai 85 persen. Kita berharap pada Pilkada serentak 2020 dapat meningkat lagi minimal sama dengan Pemilu 2019 atau lebih," ucap Gita.

Meningkatnya partisipasi pemilu, lanjut Gita, merupakan hasil kerja keras semua elemen, tak hanya penyelenggara.

"Peran media massa juga sangat penting dalam menyukseskan pemilu," tandasnya. (akh)