Lapas Kelas IIB Kota Singkawang Antisipasi Paham Teroris terhadap Warga Binaan

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 1136

Lapas Kelas IIB Kota Singkawang Antisipasi Paham Teroris terhadap Warga Binaan
PENYULUHAN- Warga binaan terlihat ceria bersama jajaran lapas dan lembaga bidang hukum usai mendapat penyuluhan hukum pada Lapas Kelas II B Kota Singkawang, kemarin. (FOTO: SUARA PEMRED/ M ELIAZER)
SINGKAWANG, SP - Kepala Lembaga Permasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kota Singkawang menyataan,  pihaknya melakukan assessment (penilaian atau penaksiran, red) terhadap warga binaan. Tujuannya, mengantisipasi kemungkinan warga binaan tertular paham teroris.

"Mulai persidangan hingga masuk ke lapas. Seperti apa dan siapa dia,  kita gali semua potensi pada dirinya. Jika memang mereka berpotensi (mengikuti paham teroris),  sudah bisa diketahui, " kata Sambiyono di Singkawang, belum lama ini.

Menurut Sambiyono, assessment dilakukan bekerja sama dengan kementerian  agama.  "Tidak hanya untuk agama Islam saja,  tapi juga agama lain, termasuk  agama Kristen," tambahnya. Sambiyono meyakini, kecil kemungkinan warga binaan di Lapas Kelas IIB Kota Singkawang akan tertular paham teroris. "Semoga saja tidak pernah ada,  napi kita yang terjangkit paham teroris maupun Gafatar," tukasnya.

Dipaparkan, hingga kini, pihak Lapas belum berencana memisahkan sel bagi warga binaan, jika ditemukan memiliki potensi tertular paham teroris atau ajaran menyimpang lainnya.

"Arah ke sana,  kita belum,  karena kita yakin seluruh napi di sini tidak ada potensi ke arah situ, kita hanya melakukan pemisahaan sel sesuai dengan kasusnya saja," pungkasnya. (jee/sut)