Menuju Pilwako Singkawang 2017

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 1211

Menuju Pilwako Singkawang 2017
PILWAKO- Figur bakal calon kepala daerah Kota Singkawang yaitu Andi Syarif (tngah, berbaju abu-abu) dan Sumberanto Tjitra (tengah, jaket coklat) ketika bertandang ke redaksi Harian Suara Pemred, Jalan Sidas, Kota Pontianak, Kamis (25/2). (FOTO SUARA PEM
  Komitmen Memberikan Perubahan yang Lebih Baik   

 Andi Syarif dan Sumberanto Tjitra yang bakal mencalonkan diri sebagai  Wali Kota Singkawang  menyempatkan diri bertandang ke redaksi Harian Suara Pemred, Jalan Sidas, Kota Pontianak, Kamis (25/2) pagi.   Dua tokoh ini menyatakan siap maju dan bersama-sama berkomitmen akan memberikan perubahan yang terbaik lagi bagi masyarakat.   Berbagai harapan, keinginan serta cita-cita, terbersik di benak mereka ketika berikrar untuk bertarung memperebutkan kursi nomor satu di Pilwako Singkawang 2017.   

 Jika ikut bertarung, Andi menyatakan akan mengusung slogan 'Mewujudkan Singkawang Tersenyum'  sebagai jargonnya.   “Saya sebagai putra daerah, pengertian senyum ini luas, baik tersenyum di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perekonomian hingga pariwisata, serta penataan kota dan sungai yang lebih baik,” kata Ketua KONI Kota Singkawang ini. 

 Di bidang pertanian, contohnya, selama ini petani di Singkawang hanya mampu menghasilkan padi setahun sekali. Namun jika mampu mengubah menjadi dua kali setahun, maka tentu para petani akan tersenyum. "Sebab,  mereka merasakan hasil dari peningkatan pertanian tersebut.  Begitu juga seperti pariwisata,  yang sebelumnya hanya mampu setahun sekali menyelenggarakan iven besar," tambah Andi. 

 Namun,  Andi menyatakan bakal menyelenggarakan program wisata setiap bulan.  “Kita tahu,  Kota Singkawang sebagai kota jasa , perdagangan dan wisata. Hal itu akan kita garap serius,  dan terus menerus. Menarik wisatawan setiap bulan, secara langsung juga akan meningkatkan perputaran dan perkembangan ekonomi rakyat setempat,” ucapnya.  

Koordinasi pemkot ke pemprov  hingga ke pemerintah pusat,  menurut Andi, sudah sepatutnya dilakukan. Baik melalui kerjasama hingga demi peningkatan APBD, yang selama ini dirasakan sangat jauh dan minim dibandingkan daerah lain di Kalbar.  

“Bayangkan saja,  kantor perwakilan di Jakarta saja kita tidak punya. Bagaimana kita dapat berkoordinasi dan mendapatkan informasi demi kepentingan daerah? Kita tahu,  anggaran kita terbatas. Untuk itu, perlu pemimpin yang bisa berinovasi, kreatif dan jeli terhadap apa yang dibutuhkan daerah,” papar Andi.  

Cita-cita dan tekad membangun Singkawang yang lebih baik juga disampaikan oleh Sumberanto Tjitra. Akhim, panggilan akrabnya, berkomitmen mewujudkan Singkawang Teladan agar menjadi contoh dan panutan bagi semua orang dalam usaha menciptakan Singkawang yang maju, aman, sejahtera, dan berkeadilan. 

 “Seorang pemimpin haruslah dapat menjadi teladan bagi masyarakatnya. Kalau sudah pemimpin,  tidak dapat menjadi teladan, maka apa yang dibuatnya tidak akan mempengaruhi mental dan perubahan untuk lingkungannya,”kata  Ketua DPD Nasdem Singkawang ini.  

Selain itu, 
menurutnya, seorang pemimpin harus dapat memegang komitmen dan konsekuen terhadap visi dan misinya dalam menjalankan roda pemerintahan.
  Sumberanto menambahkan, untuk mewujudkan visi dan misi tersebut, perlu dukungan semua pihak. Baik stakehorder, pengusaha, hingga masyarakat itu sendiri.  

“Kita harus mampu bergandengan tangan dalam kerangka Bhinneka Tunggal Ika. Sudah tidak zaman lagi lagi berpecah, membedakan  maupun berpolitik berdasarkan identitas. Untuk itu,  seorang pemimpin yang nasionalis harus mampu merubah itu semua,” tegas Sumberanto.(lam/sut)