Kota Singkawang akan Diguyur Hujan Lebat Hingga Akhir Maret 2016

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 1041

Kota Singkawang akan Diguyur Hujan Lebat Hingga Akhir Maret 2016
PENGUNGSI- Wakil Wali Kota Abdul Muthalib, ketika berbincang dengan warga pengungsi akibat banjir di Aula Kantor Camat Singkawang Barat, Senin (7/3). (FOTO SUARA PEMRED/ M ELIAZER)
SINGKAWANG, SP - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pontianak mengatakan potensi hujan tinggi akan terus terjadi hingga akhir Maret.
"Di Singkawang akan terus diguyur hujan lebat. Dan disertai angin kencang.  Karena memang saat ini masuk titik puncak  musim penghujan awal tahun ini," kata Bambang Hargiono, Senin (7/3).

Menurut Bambang, hujan diperkirakan akan terus terjadi hingga akhir Mei. Namun, intensitasnya tidak seperti pada Maret ini. "Intensitas hujan akan berkurang," tukasnya.

Bambang menambahkan titik puncak musim hujan akan terjadi dipenghujung tahun nanti, tepatnya November.

Sementara, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Singkawang menyampaikan telah melakukan beberapa kali evakuasi warga,  yang rumahnya  terendam banjir.
Selain rumah masyarakat, air juga sempat menggenangi RSUD Dr. Abdul Aziz dan  kantor pemerintahan.

Wilayah yang warganya sempat di evakuasi adalah di Kelurahan Pasiran, Singkawang Barat sebanyak 42 jiwa dan di Kelurahan Condong sebanyak 24 jiwa. "Tadi malam kami juga melakukan evakuasi 2 KK lagi di wilayah Pasiran, Pasar Baru," kata Harun, anggota Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Singkawang.

Tim Reaksi Cepat BPBD, dikatakan Harun akan terus waspada dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi akibat banjir. "Hari ini memang kita belum ada lagi evakuasi, tapi kita akan terus waspada," jelasnya.

Perbaikan Infrastruktur dan Drainase
Wakil Wali Kota mengatakan pemkot akan berupaya melakukan langkah terpadu untuk mengatasi permasalahan banjir, agar permasalahan tersebut tidak selalu terjadi di Singkawang.

"Perlu perbaikan infrastruktur dan drainase ke depannya. Semua lini terkait akan membahas masalah ini," kata Abdul Muthalib saat mengunjungi pengungsi banjir di Posko Kantor Camat Singkawang Barat, Senin (7/3) sore.


Menurut Abdul, perbaikan drainase sebenarnya telah dilakukan oleh Pemkot Singkawang. Hanya saja, perbaikan ini dinilainya masih belum menemukan titik temu. "Sehingga permasalahan banjir ini masih belum bisa diselesaikan," ungkapnya.

Dia juga mengharapkan kepada BPBD agar terus melakukan upaya tanggap,  dalam membantu warga saat terjadi banjir seperti saat ini. "Saya lihat pelayanan di sini juga sudah cukup baik, warga juga saya tanya bilang bahwa pelayanan cukup baik," tukasnya. (jee/sut)