57.372 Warga Kota Singkawang Belum Rekam e-KTP

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 766

57.372 Warga Kota Singkawang Belum Rekam e-KTP
e-KTP (antarafoto)
SINGKAWANG, SP - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Singkawang mencatat, hingga kini masih terdapat  57.372 warga yang belum melakukan perekaman e-KTP.
"Karena ada yang belum merasa memerlukannya. Tapi ketika mereka memerlukannya, barulah melakukan perekaman," kata Muhammad Heru, Kabid Pendaftaran Kependudukan Disdukcapil Kota Singkawang, kemarin.


Heru menilai, kesadaran masyarakat masih relatif rendah dalam melakukan e-KTP. Bahkan menjelang pilkada 2017 mendatang, tidak ada lonjakan terhadap perekaman ini. "Biasa saja. Tidak ada lonjakan,"ujarnya.

Heru mengungkapkan untuk menekan tingginya angka yang belum melakukan perekaman e-KTP itu,  pihaknya akan melakukan jemput bola, khususnya bagi warga usia muda.

"Bagi usia muda, yang sudah mencapai 17 tahun, dan masih berstatus siswa, maka kami akan melakukan perekaman langsung di sekolahnya. Program ini akan kita lakukan di SLTA se Kota Singkawang," paparnya.

Selain  itu, lanjut Heru, pihaknya juga akan mensosialisasikan kepada siswa mengenai persyaratan dalam pembuatan identitas kependudukan.  Sekaligus menjelaskan seberapa pentingnya memiliki identitas kependudukan bagi yang sudah berhak mendapatkannya. (abd/sut)