Imigrasi Singkawang Amankan WN Malaysia

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 764

Imigrasi Singkawang  Amankan WN Malaysia
WN Malaysia, Mohammad Shah Johan (33), saat berada di ruang tahanan Imigrasi Kelas II Singkawang, Kamis (1/9). (SUARA PEMRED/ ABDULHALIKURRAHMAN)
SINGKAWANG, SP - Imigrasi kelas II Kota Singkawang, mengamankan satu orang Warga Negara Asing (WNA) asal Malaysia,  lantaran tidak memiliki dokumen resmi. WNA tersebut atas nama Muhammad Shah Johan (33).

"Yang bersangkutan akan kita proses sesuai prosedur, karena tak memiliki dokumen resmi seperti paspor," kata Huntal H Hutauruk, Kepala Imigrasi setempat, di ruang kerjanya, Kamis (1/9).

Huntal mengungkapkan penangkapan WNA asal Malaysia ini  berawal dari laporan warga di jalan Manggis, Singkawang Tengah pada 4 Agustus yang lalu.


Setelah mendapatkan laporan itu, Huntal langsung memerintahkan personilnya untuk melakukan pengecekan langsung. Hasilnya, yang bersangkutan memang tak memiliki dokumen resmi masuk ke wilayah Singkawang.

Hunta menjelaskan WNA asal negeri Jiran itu, pada tahun 2011 sudah pernah di deportasi ke negara asalnya,  karena masalah yang sama.

Sementara itu, Muhammad Shah Johan mengaku sudah selama tiga bulan di Kota Singkawang. Dia keluar masuk Malaysia- Indonesia melalui perbatasan Jagoi Babang, Kabupaten Bengkayang, lantaran ingin bertemu dengan istri dan anaknya di Singkawang.

"Istri saye orang asli Singkawang. Saye menikah bawah tangan. Anak saye udah maok empat, sekarang istri saye sedang hamil, saye sayang same kuarge saye," kata Muhammad  kepada Suara Pemred.


Selama tiga bulan berada di Singkawang, sehari-harinya bekerja sebagai tukang parkir. "Memulung, juga saye kerjekan untuk nafkah keluarge saye," ujarnya.


Demi bisa kumpul bersama istri dan tiga anaknya, dia pun mengutarakan keinginannya untuk menjadi warga resmi Singkawang.

"Biar bise kumpul same istri same anak saye, Saye beniat ingin jadi orang sini (Singkawang). Saya tak punya uang untuk buat paspor," tandasnya. (abd/sut).


Sementara itu, Kasi Wasdakim Imigrasi Kelas II Singkawang  Jose Rizal, mengapresiasi warga yang sudah aktif dalam menyampaikan informasi WNA asal Malaysia tersebut.

"Ini suatu kesadaran warga yang bagus," kata Rizal.

Rizal berharap ke depan masyarakat lebih aktif lagi dalam menyampaikan informasi-informasi yang bisa membantu pihak imigrasi,  dalam menginventarisir WNA ilegal yang masih berkeliaran. (abd/sut)

Komentar