Struktur PKPI, KPU Tolak Berkas Pendaftaran Malika

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 1363

Struktur PKPI, KPU Tolak Berkas Pendaftaran Malika
Wali Kota Singkawang Awang Ishak dan Malika Awang Ishak (FB Malika)
SINGKAWANG, SP - Berkas pendaftaran pasangan calon Wali Kota Singkawang, Malika-Suryadi  ditolak Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Paslon ini diusung oleh Partai Golkar, Partai Keadilan, dan Persatuan Indonesia (PKPI) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Informasi yang dihimpun, lantaran  satu partai pengusung, yakni PKPI,  belum melaporkan struktur kepengurusan resmi di tingkat kota atau kabupaten maupun provinsi ke KPU.


Ketua KPU Singkawang, Ramdan membenarkan  penolakan pendaftaran pasangan Malika-Suryadi ke KPU pada Rabu (21/9) kemarin.

Menurutnya, administrasi tersebut, berupa struktur kepengurusan PKPI tingkat kota dan provinsi, yang hingga saat ini, belum diterima.  Padahal,  berdasarkan Peraturan KPU Nomor 34, hal tersebut wajib disampaikan melalui website KPU.

"Atas dasar itulah, kami mengembalikan berkas pendaftaran paslon ini, dan kami meminta untuk mendaftar kembali, pada hari ini, Jumat (23/9). Kan masih ada waktu," kata Ramdan.

Sedangkan, pasangan Moses Ahie - Amir Fatah (MAAF), pasangan calon dari jalur perseorangan, tidak mendapat kendala dalam melakukan pendaftaran di KPU pada Rabu (21/9) kemarin.

"Berkas pendaftaran pasangan Moses Ahie -Amir Fatah sudah kami terima. Tinggal menunggu verifikasi nanti," tandas Ramdan.

Sementara, Malika saat ditanya terkait batalnya pendaftaran pencalonannya hari ini. "Nanti saja ya," katanya singkat.

Terpisah, Ketua DPK PKPI Kota Singkawang Frumensius, enggan berbicara banyak, mengenai persoalan  struktur kepengurusan PKPI, yang hingga saat ini belum dilapokan ke website KPU.

 "Persoalan struktur kepengurusan PKPI akan kita selesaikan. Yang jelas, kita tetap akan mengusung Malika-Suryadi sebagai paslon Wali Kota Singkawang," tuturnya. (abd/sut)