Panwaslu Singkawang Menangkan Gugatan Pasangan Moses Ahie-Amir Fatah

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 1135

Panwaslu Singkawang Menangkan Gugatan Pasangan Moses Ahie-Amir Fatah
Ilustrasi
SINGKAWANG, SP - Ketua Panwaslu Singkawang, Zulita secara sah memutuskan KPU Singkawang, diharuskan melakukan verifikasi faktual ulang terhadap dukungan pasangan independen Moses Ahie-Amir Fatah, di tiga kelurahan di Kota Singkawang. Yakni, Kelurahan Condong, Sejangkung dan Sedau.

 "Berdasarkan aspek yuridis, aturan dan pemeriksaan saksi-saksi di persidangan menunjukkan di tiga wilayah tersebut, ditemukan adanya pelanggaran," kata Zulita, pada sidang sengketa Pilkada 2017.

Dengan dikeluarkannya keputusan ini, surat keputusan menggugurkan pasangan Moses Ahie-Amir Fatah yang dikeluarkan oleh KPU Singkawang dinyatakan tidak berlaku, apabila Moses Ahie-Amir Fatah dinyatakan mampu memenuhi syarat dukungan sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

"Namun, apabila dalam waktu yang ditetapkan ternyata syarat dukungan tidak dapat terpenuhi, maka keputusan KPU Singkawang akan tetap berlaku," kata Zulita.

Ketua KPU Singkawang, Ramdan mengatakan, akan melaksanakan perintah keputusan sidang yang dikeluarkan oleh Panwaslu Singkawang.  "Jadi, kami akan siap melaksanakan sesuai dengan keputusan, yaitu melakukan verfikasi faktual ulang di tiga kelurahan," kata Ramdan.

Sementara itu, Moses Ahie saat dihubungi mengatakan, menerima keputusan Panwaslu Singkawang. "Kita akan menerima keputusan Panwas. Tidak masalah itu, bisa kita lakukan," kata Moses.

Moses meyakini, di tiga kelurahan, yakni Kelurahan Condong, Sejangkung dan Sedau, suara yang akan diraih mencapai 30 ribu suara. (jee)