Kapolres Paparkan Hasil Olah TKP di Vihara Budi Dharma

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 618

Kapolres Paparkan Hasil Olah TKP di Vihara Budi Dharma
MOLOTOV- Petugas Polres Singkawang melakukan olah TKP lanjutan pelemparan molotov Vihara Budi Dharma Singkawang, Selasa (15/11). (ist)
SINGKAWANG, SP – Polres Singkawang melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Vihara Budi Dharma (Kwan In Kiung), Selasa (15/11). Dari olah TKP tersebut, Polres menemukan empat molotov. Sebelumnya, Senin (14/11), Polres juga sudah melakukannya, sesaat setelah kejadian.

Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien Mustafa menerangkan, olah TKP siang itu dilakukan dengan menghadirkan enam orang saksi. Kasus ini masih dalam pengembangan pihak kepolisian. Sejumlah saksi kemungkinan melihat langsung kejadian, termasuk kendaraan yang digunakan pelaku. “Kemungkinannya ada yang melihat, tapi masih dalam pengembangan. Kendaraannya juga masih seperti dugaan kemarin, dengan kendaraan bermotor,” tutur Sandi.

Sebelumnya, saksi di lapangan menyebutkan 3 bom yang dilempar. Meski tidak memiliki daya ledak, hanya mengakibatkan percikan, kejadian ini tidak bisa dianggap sepele. Diterangkannya, dari empat botol tersebut, dua masuk dalam vihara sedangkan dua lainnya tidak. “Meski tidak mengakibatkan kerusakan, pelemparan molotov ini tetap jadi perhatian, karena menimbulkan efek sosial dan menyebabkan keresahan masyarakat," katanya.

Sementara untuk motifnya, hingga kini belum diketahui. Di lokasi saat ini pun, pengelola vihara telah melakukan pembersihan lantai, dan akan mengecat dinding yang catnya terkelupas. AKBP Sandi menjelaskan, hal itu tidak mengganggu upaya pengungkapan, karena sebelumnya telah dilakukan olah TKP.

Ia pun tidak bisa memastikan insiden ini, memiliki keterkaitan dengan yang terjadi di Samarinda dan  pelaksanaan Pilkada di Singkawang sekarang. Semua masih akan ditelusuri dan diungkap dalam waktu dekat. 

Pihaknya tidak menargetkan kecepatan penyelesaian pengungkapan. Namun, ia berharap bisa diselesaikan dalam waktu singkat. “Secepat mungkin insiden ini akan diselesaikan. Kita akan tindak tegas pelaku, selama ini Singkawang kondusif," kata Kapolres.

Masyarakat juga diminta tetap menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Ia mengharapkan masyarakat tidak terpancing isu di media sosial, dan mempercayakan penanganan ini kepada kepolisian. “Pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada, tetap mengedukasi pendukung dan berkampanye dengan santun,” ujarnya. (bls/loh)