Krisis Guru, Wakil Ketua DPRD Punya Solusinya

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 599

Krisis Guru, Wakil Ketua DPRD Punya Solusinya
Ilustrasi
SINGKAWANG, SP- Wakil Ketua DPRD Kota Singkawang, Sumberanto Tjitra mengatakan moratorium merupakan kebijakan pemerintah pusat dalam rangka pengetatan, efesiensi, efektivitas tenaga PNS di semua lini.  Dalam perjalanannya memang berimbas verkurangnya  tenaga guru.   

"Solusinya, pertama pihak Dinas Pendidikan mengajukan permohonan kebutuhan tenaga guru yang riil, sesuai fakta ke pusat, dengan alasan yang jelas, tidak abal-abal, yang dapat dipertanggungjawabkan, Kedua, melalui jalur pengangkatan tenaga honorer," kata Sumberanto.  

Sumberanto meyakini  akan ada kebijakan dari pusat, yang memperbolehkan pengangkatan guru, sebagaimana tenaga kesehatan.  

Perihal ajuan tenaga guru tidak tetap, Sumberanto mempersilakan pemkot mengajukannya dalam RAPBD 2017. Jika pun belum, pihaknya akan mendesak agar segera dimasukkan dan dibuatkan jadwal pembahasannya.  

"Karena ini menyangkut uang rakyat yang harus dikelola dengan baik. Kalau memang sesuai kebutuhan, dewan siap memberikan dukungan dan tidak akan mempermasalahkan, tentunya harus ada data yang jelas dan valid," tutupnya. (bls/jee)