Langganan SP 2

Tarif Selangit, Awang Ishak Ancam Bekukan Izin Hotel

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 444

Tarif Selangit, Awang Ishak Ancam Bekukan Izin Hotel
Ilustrasi (Dok/SP)
SINGKAWANG, SP - Wali Kota Singkawang, Awang Ishak mengancam akan membekukan izin hotel yang menaikkan harga sewa kamar semaunya.  Pasalnya, pengusaha hotel di Singkawang kerap memasang harga tarif sewa kamar selangit ketika kota ini dipadati pengunjung.

“Hotel itu akan ada standar harga, jadi jangan sampai menaikkan harga kamar semaunya,” kata Awang, Jumat (18/11).

Menurut Awang,  kondisi tersebut secara langsung akan merugikan pengusaha. Pasalnya, jika melihat di daerah lain pengusaha hotel malah memberikan promosi ketika ada momen hari besar yang menyedot kedatangan masyarakat.

“Belajar dari orang luar, kalau dalam keadaan ramai, biasa dipromosikannya. Yang kedua, yang membayar pajak itu bukan pengusaha hotel, tapi orang yang menginap,” ungkap Awang.

Awang mencontohkan ketika perayaan Cap Go Meh, harga hotel mengalami kenaikan drastis. Menurutnya hal itu merugikan. Harga tinggi membuat orang Pontianak enggan menginap. Mereka hanya mengeluarkan uang sewa mobil Rp 500 ribu, pergi pagi dan pulang sore harinya.
  
Pemkot Singkawang saat ini tengah penyusun Peraturan Wali Kota yang mengatur kebijakan ini, lengkap dengan batas harga yang diizinkan.
Peraturan itu diyakininya akan menguntungkan Singkawang yang hidup dari sektor pariwisata.

“Kalau sudah dibuat aturannya nanti, dibekukan satu tahun izinnya bila menaikkan harga di atas standar yang ditetapkan,” tegasnya. (bls/jee)