Langganan SP 2

Banjir, Warga dan Pedagang Mulai Mengungsi

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 375

Banjir, Warga dan Pedagang Mulai Mengungsi
KONDISI- Banjir di Gang 3, Jalan Kalimantan, Kota Singkawang. (SP/ Abdul).
SINGKAWANG, SP – Banjir kembali melanda Kota Singkawang. Jika sebelumnya banjir hanya merendam rumah warga di Kecamatan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, kali ini banjir meluas ke beberapa titik wilayah di Kota Seribu Kelenteng tersebut.

Lokasi yang saat ini telah tergenang diantaranya, di Jalan Kalimantan, Jalan Jendral Sudirman Singkawang Tengah, Jalan Saad Usman, Kelurahan Setapuk Kecil, Singkawang Utara, Komplek Pasar Baru, dan Jalan Sama-Sama, Kelurahan Pasiran.


Pantauan Suara Pemred di Jalan Kalimantan, tinggi air  mencapai pinggang orang dewasa. Sedangkan di Komplek Pasar Baru, banjir mencapai lutut orang dewasa. Bahkan, banjir juga masuk ke beberapa bagian bangsal Rumah Sakit Umum Harapan Bersama (RSUHB) yang berada di sekitar kawasan tersebut.  "Tempat evakuasi pasien sudah kita siapkan," kata Erik singkat.

Sedangkan warga yang berada di lokasi banjir, memilih untuk mengungsi. Salah satunya adalah Sumiati. Saat ditemui di kediamannya, Sumiati mengatakan banjir yang terjadi membuatnya khawatir untuk terus tinggal, apalagi di rumah tersebut juga tinggal anaknya yang masih balita.  "Pindah ke rumah saudara, karena rumah sudah masuk air, apalagi saya punya anak kecil, jadi sementara numpang di rumah saudara," kata Sumiati, Rabu (30/11).

Menurutnya, di wilayah tempat tinggalnya itu memang sudah langganan banjir. Jika hujan kembali terjadi, ia memastikan banjir akan semakin tinggi menggenangi rumahnya. "Daerah sini memang langganan banjir, kalau banjir bisa sampai berhari-hari," kata dia.

Sementara itu, Afung,  pedagang  di Pasar Baru mengatakan genangan air mencapai lutut orang dewasa, sejak pukul  09.00 WIB, Rabu kemarin,  sehingga  membuat aktivitasnya sebagai pedagang terganggu.  "Ada sebagian barang dagangan saya yang terendam, kondisi ini tentu mengganggu kita beraktivitas. Namun mau diapakan lagi," sesal Afung sembari mengangkut barang dagangannya yang terendam air. 

Ditempat yang sama, aparat Polres Singkawang juga ikut turun memantau kondisi banjir dan membantu evakuasi anak-anak sekolah yang hendak pulang ke rumah mereka. 

"Iya, tadi kita evakuasi anak-anak sekolah di Kelurahan Pasiran. Karena sebagian orang tua yang menjemput, motornya mogok karena banjir. Anak-anak sekolah kita antar ke rumahnya masing-masing," kata Paur Humas Polres Singkawang, Iptu Gatot Sukoco. (abd/jee)