Minggu, 17 November 2019


Polisi Amankan Perusak Vihara Tri Dharma Bumi Raya

Editor:

sutan

    |     Pembaca: 1027
Polisi Amankan Perusak Vihara Tri Dharma Bumi Raya

VIHARA - Lo Mui Lin (42) menunjukkan sejumlah kerusakan bagian vihara kepada polisi saat melakukan identifikasi. (SP/Abdul)

SINGKAWANG, SP - Vihara Tri Dharma Bumi Raya Singkawang kembali  dirusak oleh orang tak dikenal. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 15.10 WIB, Jumat (2/12). Sebelumnya vihara ini juga pernah dilempar bom molotov. Sampai sekarang pelaku pembuat teror belum terungkap.

Lo Mui Lin (42) pengurus Vihara menduga, pelaku pengrusakan vihara pada Jumat (2/12) berjumlah satu orang.  "Pelaku menggunakan ikat kepala warna merah. Dia datang langsung merusak," kata Lo Mui Lin.

Aksi perusakan diperkirakan sekitar pukul 15.10 WIB. Akibatnya, beberapa barang di dalam vihara rusak, seperti Dewa Rejeki, Altar Dewa Bumi Raya dalam kondisi tumbang. "Ada juga lilin diporakporandakan. Wadah penampung minyak juga di pecahkan," jelasnya.

Beruntung, pada saat kejadian, ada anggota polisi, saat itu berada tak jauh dari lokasi masuk ke vihara dan mengamankan pelaku diketahui David.  Pelaku diduga mengalami gangguan jiwa dan kini sudah diamankan di Polres Singkawang. Ibu pelaku, Hadrah (60) membenarkan anaknya alami gangguan jiwa dan itu sudah berlangsung lama. 

"Anak saya gila akibat jatuh dari motor di Putussibau. Waktu itu dia masih jadi sales motor. Sejak itu anak saya lupa ingatan," kata Hadrah.

Kanit Reskrim Polsek Singkawang Barat, Ipda Walidu mengatakan, sebelum kejadian, ada informasi pelaku ke luar dari rumah.
Ia kemudian memerintahkan anggotanya untuk mengikuti pelaku, sembari Walidu ikut turun ke lokasi. "Begitu tahu pelaku masuk vihara dan merusak, kita langsung amankan pelakunya," kata Walidu.

Kapolres Singkawang, AKBP Sandi Alfadien akan meminta bantuan tim medis Polda Kalbar untuk mengidentifikasi kebenaran dugaan gangguan jiwa dialami pelaku. (abd/loh)