Tangkap Buaya, Ini Upaya BKSDA Singkawang

Singkawang

Editor sutan Dibaca : 820

Tangkap Buaya, Ini Upaya BKSDA Singkawang
PERANGKAP BUAYA- Anggota Tim Gugus Tugas Penyelamatan dan Evakuasi Tumbuhan dan Satwa Liar, BKSDA Singkawang sedang memasang perangkap buaya di sungai Kelurahan Tengah, Jumat (2/12). (SP/ Abdul)
SINGKAWANG, SP- Saat ini upaya menangkap buaya tersebut masih dilakukan oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Singkawang.  Lokasi yang menjadi tempat munculnya buaya dipasangi perangkap yang diberi pelampung. Di dalam perangkap diberi umpan ayam, agar buaya memangsa umpan dan kemudian masuk perangkap.

Anggota  Tim Gugus Tugas Penyelamatan dan Evakuasi Tumbuhan dan Satwa Liar BKSDA Singkawang, Yuyu Wahyudi mengatakan, usaha evakuasi buaya di sungai Kelurahan Singkawang Tengah telah sering dilakukan.

"Saat ini kami kembali pasang satu perangkap di lokasi yang menurut laporan sering muncul buaya. Lokasi parangkapnya kami pasang tak jauh di belakang rumah warga yang sungainya lumayan lebar," kata Yuyu Wahyudi, Jumat (2/12).

Yuyu mengakui kemunculan buaya ini sudah sering dilihat warga. Namun upaya penyelamatan binatang yang termasuk dilindungi itu hingga kini belum juga membuahkan hasil.

"Lima bulan kita sempat pasang jaring di jembatan Agen, tapi buaya ini belum dapat kita tangkap. Sudah empat kali perangkap kita pasang, tapi buaya ini belum berhasil kami tangkap," tuturnya.

Untuk mencegah supaya buaya ini tidak memakan korban,  tim BKSDA telah memasang plang peringatan di titik-titik lokasi yang diduga buaya sering muncul. (abd/jee)