Arus Mudik di Singkawang Tidak Signifikan

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 312

Arus Mudik di Singkawang Tidak Signifikan
ilustrasi
SINGKAWANG, SP – Dinas Perhubungan Kota Singkawang memperkirakanarus mudik di Kota Singkawang akan naik 17 persen dari kondisi normal saat musim mudik lebaran mendatang. “Memang arus mudik di Singkawang tidak seperti daerah lain yang padat, kalaupun meningkat hanya sekitar 17 persen," ujar Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Darat Dinas Perhubungan Kota Singkawang, Febri Setiawan, Senin (6/6).

Saat ini peningkatan arus lalu lintas di Singkawang diakui Febri belum terlihat. Peningkatan arus lalu lintas menirit dia baru akan dirasakan H-2 atau H-1 sebelum lebaran. “Ini bisa dipantau dari Terminal Pasiran dan Terminal di Pasar Beringin, tapi kalau di Terminal Pasar Beringin itu banyak warga dari Bengkayang yang berbelanja ke Singkawang untuk keperluan lebaran, bukan kebanyak yang mudik,” bebernya.

Sementara, Kepala Satuan lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Singkawang, Iptu Fauzan mengatakan, pihaknya juga melakukan pemantauan arus lalu lalu lintas sekaligus meningkatkan patroli menjelang hari lebaran.
“Meskipun arus lalu lintas tidak terlalu padat, kita tetap lakukan patroli dan menempatkan petugas di titik-titik tertentu, termasuk pos di jalan Pasir Panjang menjelang lebaran,” katanya.

Fauzan juga mengatakan, pihaknya tidak akan melakukan rekayasa lalu lintas meskipun menjelang mudik, lantaran arus lalu lintas keluar dan masuk ke kota Singkawang belum terlalu padat. “Kawasan kita belum terlalu padat atau tidak termasuk atensi harus rekayasa lalu lintas, tapi untuk titik-titik objek wisata, petugas akan lebih banyak lagi, karena banyak warga menuju tempat objek wisata kalau sudah lebaran nanti," pungkasnya. (pul/jee)