Pemkot Diminta Jelaskan Pembebasan Lahan

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 606

Pemkot Diminta Jelaskan Pembebasan Lahan
Landasan Pacu – Pesawat terbang saat akan tinggal landas di landasan pacu bandara udara. Pemkot Singkawang akan memperesentasikan pembangunan bandara udara di Singkawang ke Pemprov Kalbar.
SINGKAWANG, SP – Sekretaris Daerah (Sekda) Singkawang, Syech mengatakan, Pemkot Singkawang akan mempresentasikan pembangunan bandara di Singkawang ke Pemprov Kalbar. Presentasi yang nanti disampaikan adalah terkait progres pembangunan bandara yang telah dilakukan setelah Pemerintah pusat menyetujui pemindahan landasan pacu pesawat dari lokasi yang sebelumnya.

   “Dalam presentasi nanti kita juga diminta menyampaikan tentang pembebasan lahan bandara. Mulai dari awal hingga akhir,” katanya, Kamis (6/8). Dikatakan Sekda, presentasi rencananya akan dilakukan hari ini, Jumat (9/8). Pembangunan bandar udara di Singkawang juga diyakininya akan segera terealisasi jika melihat atensi yang diberikan pemerintah pusat.

“Kita yakin pembangunannya akan segera terwujud. Semoga besok juga presentasi yang kita samapikan berjalan lancar,” tuturnya. Sementara terpisah, Wali Kota Singkawang, Awang Ishak mengatakan Pemkot Singkawang dalam waktu dekat akan membentuk panitia pembangunan bandara di Singkawang.

Selain itu, menurut Awang, pihaknya saat ini terus melakukan upaya untuk membebaskan lahan untuk keperluan pembangunan bandara. “Mudah-mudahan tidak ada penghalang. Saya yakin bandara Singkawang akan segera terbangun,” katanya. Kepada masyarakat, Awang Ishak mengimbau agar tidak menjual lahan mereka yang terkena pembanguan bandara dengan harga yang tinggi. Penetapan harga beli lahan nantinya akan dihitung tim apresal atau tim indenpenden

“Semuanya berpulang kepada masyarakat dan menilai visinya ke mana,” tegasnya. Proses pembebesan lahan untuk pembangunan bandara udara di Singkawang rencananya selesai tahun 2018. Dibutuhkan luasan lahan mencapai seratus hektar untuk pembangunan bangunan dan landasan pacu pesawat. (pul/jee)