Anggota TNI Apel Latihan Penanggulangan Bencana

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 611

Anggota TNI Apel Latihan Penanggulangan Bencana
ilustrasi
SINGKAWANG, SP - Ratusan peserta terdiri dari TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD, BPKS, dan jajaran Pemkot Singkawang mengikuti apel kesiapan latihan penanggulangan bencana alam, di halaman Makodim 1202/Singkawang, Senin (12/6)

"Latihan ini direncanakan akan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 12 sampai 16 Juni mendatang," kata Kolonel Czi Arnold AP Ritiauw.

Latihan penanggulangan bencana alam yang dilaksanakan itu dilakukan untuk meningkatkan sinergitas hubungan kerja dengan pemerintah daerah dan instansi terkait dalam melaksanakan operasi bantuan penanganan bencana alam.

"Oleh karena itu, kegiatan latihan penanggulangan bencana alam ini jangan hanya dipandang sekedar melaksanakan program rutin semata, tetapi latihan ini harus dijadikan sebagai bekal pengetahuan untuk bertindak dan berbuat, sekaligus gambaran langkah apa saja yang harus dilakukan di lapangan apabila terjadi bencana alam," katanya.

Mengingat bencana alam dapat timbul dimana saja secara mendadak, hal itu tentunya menuntut kita untuk lebih siap siaga dalam upaya penanggulangan bencana alam.

"Para prajurit harus senantiasa meningkatkan kemampuan dan menyiapkan diri menghadapi tugas ketanggapsegeraan dalam mengatasi setiap bencana alam yang terjadi di wilayah ini," tuturnya.

Dia menambahkan,upaya penanggulangan bencana alam harus dilakukan secara terpadu terkoordinasi dan terencana, baik dengan pemerintah, instansi terkait, maupun masyarakat sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penanganan dan penanggulangan bencana alam yang terjadi.

"Seperti bencana alam kebakaran hutan dan lahan, evakuasi korban ataupun bantuan kemanusiaan lainnya," katanya. (ant/jee)