Tim Gabungan Uji Laik Kendaraan

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 208

Tim Gabungan Uji Laik Kendaraan
Uii Ram Chek – Petugas tengah melakukan uji Ram Chek kendaraan. Menjelang mudik lebaran di Singkawang, selain melakukan uji Ram Chek juga dilakukan tes urine kepada pengemudi. net
SINGKAWANG, SP - Tim gabungan terdiri dari Dinas Perhubungan Singkawang, Polres Singkawang, Jasa Raharja Singkawang, Samsat, Satpol PP, BNN Singkawang dan Subdenpom Singkawang melakukan Ram Check kendaraan angkutan umum sekaligus melakukan tes urine kepada supir bus di dua Terminal yang ada di Kota Singkawang, Kamis (16/6).

"Kegiatan Ram Check ini merupakan kegiatan rutin kita setiap tahun khususnya di terminal Pontianak dan Bengkayang," kata Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Sumastro.

Dilakukannya kegiatan itu, lantaran pihaknya ingin memberikan suatu perhatian supaya para angkutan umum ini dipastikan Laik jalan, yang dimulai dari item rem, lampu, wiper, ban, dan beberapa keselamatan yang lainnya.

"Berdasarkan Ram Check tadi, ada kita temukan kendaraan yang bannya sudah botak dan vulkanisirnya sudah robek-robek. Alasan dari si supir bahwa ban yang bagus masih berada di bengkel. Dan mereka berjanji akan menukarnya pada hari ini," ujarnya.

Menurutnya, kegiatan Ram Check kendaraan umum tidak hanya dilakukan pada hari ini saja. Tapi juga pada H-2 atau 3 lebaran Idul Fitri.

Untuk itu, Sumastro juga mengimbau kepada supir angkutan umum untuk tidak menaikkan penumpang sampai meluber ke atas mobil.

"Kalau ada bus penumpang yang meluber, maka akan kita turunkan penumpangnya. Tapi, jika tujuannya ke Pasir Panjang maka penumpangnya akan kita pindahkan ke Bus kita," tuturnya.

Menurut Sumastro, over kapasitas penumpang angkutan biasanya terjadi pada H+2 Idul Fitri. Dan bahkan bukan hanya terjadi pada bus angkutan umum saja tapi juga truk.

"Untuk mengantisipasi Laik jalannya truk, kita akan lakukan razia dari tanggal 19-20 Juni di Jl Pasir Panjang," tuturnya.

Sementara Kepala Jasa Raharja Singkawang, Darwin Sinaga mengatakan, melalui kegiatan ini pihaknya ingin memastikan jaminan perlindungan terhadap masyarakat yang dalam hal ini penumpang.

"Sehingga penumpang umum benar-benar merasa terlindungi dari kecelakaan," kata Darwin.

Disamping melakukan kegiatan ini, pihaknya juga akan mendirikan pos kesehatan secara gratis, di Terminal Pontianak dan Bengkayang.

"Pelayanan kesehatan ini kita berikan kepada supir, kernet, penumpang maupun masyarakat sekitar Terminal," ujarnya. (ant/jee)