Masyarakat Akan Nikmati Air Bersih Kualitas Super

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 838

Masyarakat Akan Nikmati Air Bersih Kualitas Super
ilustrasi
SINGKAWANG, SP – Pemerintah Kota Singkawang akan meresmikan pengoperasian Instalasi Pengolahan Air (IPA) kapasitas 150 liter per detik di PDAM Tirtasari Roban, Kecamatan Singkawang Tengah.   Dengan dilakukannya peresmian, sekaligus menjawab pertanyaan masyarakat yang mempertanyakan kapan waktu pengoperasian IPA yang pembangunannya telah lama dirampungkan.  

Wali Kota Singkawang, Awang Ishak saat melakukan kunjungan ke lokasi IPA di Kecamatan Singkawang Tengah menjelaskan, peresmian pengoperasian akan dilakukan tanggal 17 Agustus, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI ke-72.   “Pembangunannnya sudah selesai 100 persen, tinggal peresmiannya saja. Jadi janji saya sudah terpenuhi, dan ini juga merupakan hadiah negara untuk masyarakan Singkawang," ujar Awang, Senin (7/8).  

Kepada masyarakat, Awang berpesan, untuk bisa menikmati air bersih PDAM terlebih dahulu harus mengikuti persyaratan. Selain itu ia juga mengingatkan agar tidak ada lagi tindakan pencurian air yang sempat ditemukan di beberapa wilayah di Kota Singkawang.   "Tinggal masyarakat lagi ke depannya untuk menggunakan air bersih ini, selain itu saya minta jangan ada pencurian air dan tidak bayar tagihan air. Sebab pembuatan ini pakai duit, pengelolaanya juga pakai duit, jadi tidak bisa gratis," terangnya.  

Sementara Direktur PDAM Gunung Poteng Singkawang, Kristiana Kilin mengatakan, sumber air baku IPA berasal dari Sungai Semelagi. Dari situ kemudian dilakukan lima tahap proses sebelum air didistribusikan ke masyarakat.    "Bagi warga yang tinggal di wilayah Singkawang Barat dan Selatan, silakan menikmati air bersih dengan kualitas Aqua. Karena tingkat kejernihan airnya mencapai 0,5," ujarnya.   Untuk persyaratan air bersih harus melewati lima tingkat kejernihannya, sedangkan di tingkat kejernihan 0,5 itu artinya kualitas air sudah sangat memenuhi persyaratan.  

"Jadi IPA 2 yang lama tetap melayani Singkawang Tengah khusus zona satu dan dua, sedangkan IPA 1 kapasitasnya 150 per detik di Singkawang Barat dan Selatan," jelasnya. (pul/jee)
 

Komentar