Dua Orang Terbakar Akibat Kebakaran Ruko

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 399

Dua Orang Terbakar Akibat Kebakaran Ruko
Puing – Petugas pemadam dan kepolisian meemriksa puing sisa kebakaran yang melahap enam ruko di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah, Jumat (11/8) pukul 03.30 WIB. suara pemred/saiful fuad
SINGKAWANG, SP – Dua orang mengalami luka bakar serius akibat kebakaran yang terjadi di enam rumah toko (ruko) di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Condong, Kecamatan Singkawang Tengah, Jumat (11/8) pukul 03.30 WIB.   Korban yang mengalami luka bakar yakni, Afan pemilik salah satu ruko yang yang digunakan untuk usaha bengkel sepeda motor. Afan menderita luka bakar di bagian lengan tangan sebelah kanan.

Sedangkan satu korban lainnya yakni Bun Su Chon alias Ahin, penjual buah dan beras yang rukonya juga ikut terbakar pada hari itu mengalami luka bakar di bagian lengan kiri dan kanan, paha kanan dan bahu.   Kapolres Singkawang, AKBP sandi Alfadien Mustofa mengatakan, kuat dugaan penyebab terjadinya kebakaran dikarenakan disebabkan hubungan arus pendek listrik.  

“Dugaan sementara penyebab kebakaran karena hubungan arus listrik, dan saat ini korban sudah dirawat di rumah sakit,” katanya.   Selain melahap bengkel sepeda motor dan tempat penjualan beras, api juga menghanguskan empat ruko lainnya yang saat itu dalam keadaan kosong tak berpenghuni. 12 unit mobil pemadam kebakaran pun diturunkan untuk memadamkan kobaran api. Setelah berjuang keras, pemadaman yang baru dilakukan pukul 05.30 WIB akhirnya berhasil menjinakan api pukul 07.00 WIB.  

Sandi menjelaskan kronologis kebakaran. Menurut dia, kejadian pertama kali diketahui istri Afan yang mendengar suara seperti nyala api dari tempat penyimpanan kardus bekas di belakang bangunan bengkel. Ia pun kemudian membangunkan suaminya yang saat itu tengah tertidur.  

"Saat melihat ada api korban (Afan) berusaha untuk memadamkannya dengan menyiramkan air dari ember, namun ia dan terjatuh sehingga ember yang berisikan air tersebut tumpah," akunya.   Melihat api yang semakin membesar dan tidak bisa dikendalikan, korban kemudian memutuskan keluar rumah dengan membawa istri dan kedua putrinya melalui pintu dapur belakang ruko.  

"Untuk kerugian materil hingga saat ini belum dapat kita taksir berapa jumlahnya," tutup Sandi.     Sementara salah satu saksi mata, Husin menjelaskan, kejadian tersebut ia ketahui setelah mendapat telpon dari adiknya yang juga tinggal di ruko tersebut.  

"Ia di situ tinggal bersama suami dan anaknya. Tiba-tiba ia menelpon saya dan mengatakan kalau ruko yang ditinggalinya terbakar," akunya.   Mendapat laporan tersebut, Sontak Husin kaget dan langsung bergegas menuju ke ruko.  

"Pas saya sampai di lokasi, api sudah membesar, dari pengakuan adik saya api berasal dari bengkel. Sebab adik saya mendengar ada bunyi seperti letusan mercon dari bengkel tersebut," pungkasnya. (pul/jee)