Langganan SP 2

83 Koperasi Singkawang Dibubarkan

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 232

83 Koperasi Singkawang Dibubarkan
Gerai Koperasi - Salah satu gerai penjualan koperasi. Di Kota Singkawang, 83 koperasi dibubarkan karena sudah tidak lagi aktif.
SINGKAWANG, SP - 83 Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang akan dibubarkan karena dinilai sudah tidak lagi aktif.  

"Jadi dari 164 koperasi yang ada di Singkawang, 83 diantaranya sudah dibubarkan karena dinilai tidak punya aktivitas," kata Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Hendryan, Rabu (30/8).   Ia menejelaskan, berdasarkan aturan, koperasi yang tidak melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) secara berturut-turut selama tiga tahun atau tidak ada usaha selama dua tahun secara berturut-turut bisa diusulkan untuk dibubarkan.  

"Yang membubarkan adalah Menteri Koperasi. Sehingga untuk di Singkawang, tahun 2016 kemarin sudah mengusulkan dan sudah disetujui sebanyak 83 koperasi yang ada di Singkawang sudah dibubarkan," ujarnya.     Menurutnya, yang aktif hanya tersisa sekitar 60 koperasi saja. Dari jumlah itu, koperasi yang telah melaksanakan RAT tahun 2017 untuk tahun buku 2016 baru sekitar 28 koperasi.  

"Ini akan kami telusuri, dari 164 koperasi ini apakah ada lagi koperasi yang tidak melaksanakan RAT selama tiga tahun, atau tidak melaksanakan usaha selama dua tahun. Jika ada kita usulkan kembali ke Menteri Koperasi untuk dibubarkan," katanya.   Tapi sebelum diusulkan, pihaknya terlebih dahulu melihat kasus perkasus. Mengingat hal ini banyak menyangkut aset dan hutang piutang.   

"Jadi dari itukan kita tangguhkan untuk menyelesaikan hal tersebut di internal mereka, apabila sudah tidak ada permasalahan barulah kita usulkan untuk dibubarkan," terangnya.  

Sekarang ini, pihaknya sudah mengarah pada kualitas. Artinya, terang Hendryan, biar jumlahnya sedikit. Hanya saja kualitas koperasi yang ada berbadan hukum jelas, aktivitasnya jelas, RAT setiap tahun, dan usahanya pun jelas.    "Jadi biarpun jumlah koperasinya sedikit, tapi tetap eksis," pungkasnya. (pul/jee)