Kapolres Pastikan Singkawawang Aman Beras Plastik

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 207

Kapolres Pastikan Singkawawang Aman Beras Plastik
ilustrasi
SINGKAWANG, SP – Kapolres Singkawang, AKBP sandi Alfadien Mustofa memastikan kabar beredarnya beras plastik di Singkawang yang beberapa lalu sempat menghebohkan warga tidak benar.   Kepastian yang disampaikan Sandi berdasarkan hasil pengujian beras diduga plastik, dari Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB) Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) Republik Indonesia.  

"Berdasarkan hasil pengujian yang dikeluarkan, saya nyatakan tidak benar ada beras plastik beredar di Singkawang,” ujar Sandi, Senin (4/9).   Menurut Sandi, pengujian yang dilakukan IPB adalah pengamatan kandungan amilosa, dan bentuk sel butir pati beras terhadap beras yang diuji, yang diduga beras plastik memiliki kadar amilosa dan bentuk sel butir pati, sehingga disimpulkan bawah beras tersebut bukanlah beras plastik.     

"Keterangan dari ahli peneliti, Sugianta, selaku peneliti IPB bahwa di Indonesia belum pernah ditemukan beras plastik, jadi kemarin itu hanya isu,” ujarnya.   Sandi juga meyakinkan masyarakat Singkawang untuk tidak resah membeli beras di pasaran. Di samping itu, pihaknya juga mengimbau masyarakat tidak segera mengambil kesimpulan bila menemukan makanan yang diduga mengandung plastik.  

“Pengujian tidak bisa hanya dengan cara dilempar atau dibakar, terus disimpulkan pangan tersebut mengandung plastik. Harus ada uji laboratorium baru bisa mengambil kesimpulan," tegasnya.   Kendati demikian, Sandi mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) Pangan Polres Singkawang akan tetap monitor masalah ini untuk memastikan beras yang beredar di masyarakat layak dikonsumsi.

  "Saya juga mengimbau pemasok beras bertanggung jawab terhadap pasokannnya, baik itu mutu dan kualitas harus terjamin serta aman dikonsumsi masyarakat," pungkasnya. (pul/jee)