RSUD Abdul Aziz Tangani Tiga Kasus DBD

Singkawang

Editor Kiwi Dibaca : 356

RSUD Abdul Aziz Tangani Tiga Kasus DBD
Penderita DBD – Perawat sedang memeriksa kondisi anak yang menderita DBD. Di Singkawang, RSUD Abdul Aziz saat ini telah merawat tiga orang anak yang terserang DBD.
SINGKAWANG, SP – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Aziz Singkawang telah menangani tiga pasien anak penderita Demam Berdarah Dengue (DBD). Satu orang pasien tengah menjalani masa krisis. Kepala Bangsal Anak RSUD Abdul Aziz Singkawang, Henti Suheriani mengatakan, pasien pertama merupakan warga Singkawang Utara yang telah menjalani perawatan selama enam hari, pasien kedua warga Singkawang Tengah yang saat ini telah diizinkan pulang usai mendapatkan perawatan.

”Sementara satu pasien lagi dari Singkawang Selatan harus menyelesaikan masa kritis. Jika sudah melewati masa kritis, barulah diizinkan pulang,” kata Henti, Rabu (6/9). Menurut Henti, penyebaran DBD sekarang ini sudah hampir merata di seluruh kecamatan di Kota Singkawang. Penyebaran yang terjadi tidak terlepas dari kondisi cuaca yang tidak menentu, ditambah lingkungan yang tidak bersih sehingga menyebabkan nyamuk penyebar DBD berkembang biak.

"Penyebaran virus DBD saat ini masih menghantui masyarakat, terutama anak-anak karena cuaca yang tidak menentu, ditambah lingkungan yang tidak bersih," kata, Henti.
 

 Untuk itu, dia mengimbau agar masyarakat untuk selalu waspada dan ciptakan lingkungan yang bersih. Kemudian, tempat-tempat penampungan air sebaiknya rutin dikuras untuk mencegah perkembang biakan sel telur nyamuk atau jentik-jentik.

Sementara terpisah, warga Perumnas, Kelurahan Roban, Kecamatan Singkawang Tengah, Mulyadi mengatakan, jika di wilayahnya sangat rentan terhadap penyebaran virus DBD.

"Dua minggu lalu keponakan saya kena DBD. Sekarang anak tetangga lagi," katanya.

Dia berharap, dinas terkait segera melakukan tindakan terhadap pengendalian virus DBD.
"Jangan sudah banyak yang meninggal, baru akan melakukan tindakan," pintanya. (rh/jee)

Komentar